Ads Top

Tak Lolos Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, Kadisporapar Tetap Jagokan Desa Cibuntu

Kepala Disporapar Kuningan, Dr Toto Toharudin

KUNINGAN - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengumumkan 100 desa dari 1831 desa se-Indonesia yang lolos seleksi Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021, pada Jum'at (20/08/2021) kemarin melalui kanal YouTube Kemenparekraf. 

Seratus desa yang diumumkan lolos seleksi ADWI tahap berikutnya, hanya ada 8 desa sebagai perwakilan dari Provinsi Jawa Barat. Dari kedelapan desa tersebut, Kabupaten Kuningan tidak memiliki perwakilan desa wisata yang lolos penilaian /kurasi ADWI tahap berikutnya. 


Satu desa yang sempat masuk nominasi 300 besar ajang ADWI Kemenparekraf RI tahun 2021 dari Kabupaten Kuningan adalah Desa Cikaso, Kecamatan Kramatmulya. 

Saat ditanya kenapa perwakilan peserta ADWI dari Kabupaten Kuningan tidak lolos 100 besar, Kepala Dinas Pemuda  Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kuningan, Toto Toharudin, mengaku yang diumumkan itu adalah hanya desa rintisan wisata. 

"Namun untuk level tertinggi kita masih bertarung, yang itu kan cuma level desa rintisan. Insya Allah yang Desa Cibuntu, kita masih bertarung dan peluangnya besar, " kata Toto saat dihubungi kuninganreligi.cim, Sabtu (21/08/2021). 

PMB FAHUTAN UNIKU KLIK DI SINI

Kampus Fahutan Uniku

Pihaknya sejak awal telah menargetkan Desa Cibuntu untuk masuk penilaian desa unggulan wisata. Toto bersyukur, Desa Cibuntu masih masuk track penilaian tertinggi saat ini. 

Ia menambahkan  sedikitnya ada 5 desa dari Kabupaten Kuningan yang ikut serta menjadi peserta ADWI 2021. Kelima desa yang ikut ajang ADWI 2021 dari Kabupaten Kuningan, di antaranya, Desa Cibuntu, Desa Paniis, Desa Cikaso, Desa Manis Kidul dan Desa Cipasung. 

"Alhamdulillah kemarin, Desa Cikaso juga sudah masuk perhitungan sebagai Desa Wisata yang dinilai mulai menggeliat di Jawa Barat, " katanya. 

Untuk kelima desa yang ikut ajang ADWI 2021 dari Kabupaten Kuningan, imbuhnya, hanya mengikuti penilaian sebagai desa yang memiliki tata kelola rintisan desa wisata. 

Untuk diketahui, sebagai daerah yang mengunggulkan sektor pariwisata dalam mendongkrak perekonomian warganya, Kabupaten Kuningan banyak memiliki destinasi wisata. Bahkan salah satu destinasi wisata berbasis desa di Kuningan, Desa Wisata Cibuntu, sempat jadi lokasi sosialisasi event Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beberapa waktu lalu. 


Dalam sosialisasi tersebut, Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong Desa Cibuntu dan beberapa desa lainnya yang memiliki keunggulan dari segi pengelolaan pariwisata agar ikut dalam ajang ADWI 2021.

Sandiaga memilih Desa Cibuntu sebagai tempat sosialisasi ADWI karena menilai desa tersebut telah memiliki prestasi di bidang kepariwisataan yang perlu dicontoh oleh desa-desa lain yang sedang merintis sektor pariwisata sebagai unggulan. (Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.