Ads Top

Tambah Sepasang Vertical Garden dari Bank Kuningan, Kuningan Kota Lebih Indah


KUNINGAN - Penataan estetika di seputar Kuningan kota terus dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Kuningan. Setelah dibangun satu fasilitas eksterior vertical garden (rangkaian tanaman yang disusun ke atas) di sekitar Bundaran Lampu Merah Cijoho, kini Kuningan memiliki satu pasang lagi vertical garden yang berlokasi di Jembatan Merah Sungai Citamba, Jalan Siliwangi, Kuningan. 

Vertical garden baru ini dibangun di kedua sisi Jembatan Sungai Citamba yang berada di Jalan  Protokol Kota Kuningan. 

Peresmian vertical garden di Jembatan Merah ini dilaksanakan Kamis (12/08/2021) malam oleh Bupati Kuningan, H Acep Purnama. Vertical garden yang berlokasi di sekitar pertokoan Jalan Siliwangi ini dibangun dari program Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan pada masyarakat dari Perusahaan Daerah Bank Kuningan. 

Kepala Dinas LH Kuningan, Wawan Setiawan, dalam laporannya menyebutkan pihaknya menargetkan ada 10 lokasi yang akan dibangun vertical garden ini. Hingga saat ini baru 2 buah vertical garden yang terealisasikan untuk menambah estetika lingkungan seputar Kuningan kota. 

"Satu vertical garden di Bundaran Cijoho dari Program CSR PT SanQua dan satu lagi yang diresmikan malam ini dari CSR Bank Kuningan, " ucap Wawan kepada kuninganreligi.com, Kamis malam. 


Pihaknya berharap, target 10 titik vertical garden yang direncanakan bisa terealisasikan secepatnya. Ia juga meminta para pihak perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Kuningan agar peduli terhadap kondisi lingkungan dengan memberikan CSR nya untuk program lingkungan. 

"Kita ketahui banyak perbankan yang beroperasi di Kuningan, semoga bisa ikut juga mengikuti jejak Bank Kuningan ini dalam program vertical garden, " ujarnya. 

Sementara Bupati Kuningan, H Acep Purnama, mengapresiasi langkah Bank Kuningan dan Dinas LH dalam upaya pelestarian lingkungan melalui pembuatan vertical garden ini. 

"Kita ketahui, Sungai Citamba ini memiliki nilai historis bagi Kuningan, semoga dengan dibangunnya vertical garden ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih peduli pada lingkungan, " kata Acep. 

PMB FAHUTAN UNIKU KLIK DI SINI

Kampus Fahutan Uniku

Keberadaan vertical garden di jembatan Sungai Citamba ini, diharapkan Bupati, akan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan ke aliran sungai. 

Terpisah, Direktur Utama Bank Kuningan, H Dodo Warda, melalui keterangan persnya, mengatakan pihaknya akan selalu konsisten dalam  menunjang program pemerintahan Kabupaten Kuningan. 

"Terima kasih kepada Pemkab Kuningan yang telah memberikan kepercayaannya kepada kami dan Dinas LH untuk mewujudkan pembangunan vertical garden di Jembatan Merah ini. Kita inginnya lebih banyak lagi yang bisa dibangun, namun baru 1 yang bisa kita realisasi, " katanya. 

Ia berharap kerjasama dengan Dinas LH dalam program CSR ini bisa diikuti juga oleh instansi lain terutama perusahaan perbankan di Kuningan. 

"Selain vertical garden, sudah berjalan pula program kerjasama kami dengan Dinas LH Kuningan ini, diantaranya saja program air bersih dan pilah sampah jadi rupiah, melalui Bank Sampah, " kata Dodo. 


Setelah diserahterimakan kepada Pemkab Kuningan melalui Dinas LH, pihaknya berharap agar dunas terkait bisa memelihara tanaman yang ada pada vertical garden ini untuk tetap memberikan keindahan bagi lingkungan Kuningan. 

"Ini juga bisa jadi sarana kesehatan, dimana tanaman bisa menambah penyerapan polusi udara dari asap kendaraan dan memberikan oksigen bagi masyarakat yang ada di sekitarnya, " tutupnya. (Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.