Jum'at Berkah, Komunitas Nasi Jum'at Sambangi Pesantren, Bagikan Makanan

Seorang anggota TNI ikut bantu Komunitas SIJUM bagikan makanan gratis untuk para santri

KUNINGAN - Hari Jum'at merupakan hari yang dimuliakan oleh Ummat Islam. Setiap Hari Jum'at, Ummat Islam disunnahkan untuk memperbanyak ibadah, baik secara ibadah ritual maupun ibadah berupa amal kebaikan untuk sesama makhluk. 

Berbuat baik bagi sesama di Hari Jum'at ini rupanya menjadi inspirasi para istri anggota TNI di lingkup Kodim 0615/Kuningan. Mereka kemudian membuat satu komunitas yang dinamakan Komunitas Nasi Jum'at (SIJUM). 

Bahkan tidak hanya setiap Hari Jum'at, pada hari-hari besar pun Komunitas SIJUM ini, akhirnya rutin menggelar aksi sosial dengan membagikan makanan bagi masyarakat. 

"Iya komunitas SIJUM ini dibentuk dengan tujuan agar bisa menginspirasi yang lainnya untuk terus aktif berkontribusi membantu sesama. Komunitas Sijum sendiri aktif bergerak di bidang sosial, " terang Rita, yang juga anggota Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0615/Kuningan, saat ditemui di rumahnya, Jum'at (24/09). 

Istri Danramil 1501/Kuningan ini merupakan koordinator Komunitas SIJUM wilayah Kuningan. Di Hari Jum'at (24/09) ini pihaknya dengan dibantu para anggota TNI nampak sibuk membagikan ratusan paket buah-buahan, dan puluhan paket makanan/minuman kepada para pengguna Jalan RE Martadinata, khususnya para pemulung, tukang ojek, sopir angkot, dan anak sekolah.

"Selain itu kami juga rutin berbagi di hari Jumat ke Pondok Pesantren, hari ini ke  Ponpes Darul Furqon,  di Karangluhur, Cileleuy, ada puluhan paket buah-buah dan minuman dingin teh manis, untuk para santri," ujar Rita.


Tak hanya berbentuk nasi kotak, untuk variasi, Komunitas SIJUM memilih aneka makanan dalam bentuk lain seperti buah-buahan dan jajanan khas Kuningan. 

"Tidak harus selalu nasi kotak juga kan, biar tidak bosen," katanya. 

Terbentuknya Sijum, imbuhnya, juga mencontoh dari perilaku Rasulullah SAW yang kerap berbagi makanan pada lingkungan sekitarnya. 


"Dipilihnya hari Jum'at, karena Jum'at merupakan hari besar umat Islam, dan di hari Jum'at terdapat banyak kebaikan," terangnya.

Dalam giat tersebut, selain dibantu oleh anggota TNI, pihaknya juga kerap didukung para donatur dan relawan Sijum saat menyalurkan makanan gratis. 

"Di saat PPKM ini kita jangan terfokus dengan virus corona, tetap sesulit apapun bisa berbagi karena Sijum ini berjamaah, bila dikumpulkan sedikit-sedikit bisa jadi banyak, dan yang berbagi atau donatur bisa memberikan apapun tidak dipatok jenisnya," tambahnya.

Untuk diketahui, Komunitas SIJUM Kabupaten Kuningan sendiri sudah terdapat di 13 wilayah diantaranya Kuningan,  Cijoho, Ancaran,  Luragung , Selajambe, Cigugur,  Kadugede, Sindangagung, Garawangi, Luragung, Ciawigebang,  Kramatmulya, dan  Mandirancan. (Nars) 

No comments

Powered by Blogger.