Lagi, Pekerja Seni Tuntut Izin Pentas, Jum'at Besok Direncanakan Datangi Pendopo Kuningan

Foto bagian depan Kantor Pemkab Kuningan

KUNINGAN - Para pekerja seni di Kabupaten Kuningan terus mendesak kelonggaran izin pentas agar mereka bisa mencari kembali rezeki dari keahlian seninya. Perpanjangan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang terus dilakukan pemerintah di masa pandemi COVID-19 ini, otomatis menghentikan aktivitas kerja seni yang mereka geluti. 

Hal itu terungkap saat belasan anggota Aliansi Pekerja Seni Kuningan (APSK) berkumpul di salah satu markas Grup Seni di Kabupaten Kuningan, Kamis (02/09/2021) malam. 


Dalam pertemuan tersebut direncanakan APSK akan menggelar aksi lanjutan untuk menuntut adanya kelonggaran izin pentas di depan Kantor Pemkab Kuningan, Jum'at (03/09/2021) besok. 

Dalam Surat Pemberitahuan Aksi yang diterima kuninganreligi.com pada Kamis malam, atas nama APSK, Ismah Winartono, mengungkapkan bahwa mereka akan menggelar aksi di depan Kantor Pemkab Kuningan sekira pukul 13:00 WIB.

Ia mengungkapkan kondisi keterpurukan pelaku seni di Kuningan sudah lama terjadi karena tidak diijinkan adanya aktivitas hiburan akibat PPKM. 

PMB FAHUTAN UNIKU KLIK DI SINI

Kampus Fahutan Uniku

' Jika melihat di beberapa kabupaten lain sudah bisa untuk pentas hiburan, kenapa di Kuningan masih belum," ujarnya. 

Pihaknya pun saat ini sedang menunggu keluarnya Surat Edaran Bupati Kuningan yang terbaru soal PPKM dan berharap isinya lebih berpihak kepada pelaku seni. 

"Kalau sampai besok surat edaran bupati belum keluar dan belum bisa merealisasikan harapan pelaku seni,maka aksi demo pun akan kami gelar, " tegasnya. 

Dikatakannya, pihak APSK hanya meminta kelonggaran kepada pemerintah daerah untuk kami bisa beraktifitas kembali.

Sementara Ketua PAMMI Kuningan, Asep Sapari, menurut informasi yang diperoleh, membenarkan bahwa aksi para pekerja seni menuntut kelonggaran izin pentas akan digelar besok. 

Aksi ini menyusul belum adanya realisasi dari pemerintah soal izin aktivitas hiburan paska audiensi para pekerja seni di gedung DPRD Kuningan beberapa waktu lalu. 

Terpisah, Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Kuningan, Indra Bayu Permana, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa hingga Kamis malam ini belum ada SE Bupati Kuningan terbaru soal perpanjangan PPKM. 


"Belum keluar (SE Bupati Kuningan soal PPKM). Itu yang sedang dipertimbangkan terkait izin hiburan, " ujar IB, sapaannya Kamis malam melalui sambungan seluler. 

Ia menyebutkan kemungkinan Jum'at (03/09) besok SE Bupati Kuningan tersebut baru akan diterbitkan alias masih dalam proses malam ini. (Nars/MK) 

No comments

Powered by Blogger.