Pemimpin Itu Memberikan Ide dan Senang Mengambil Risiko

Ilustrasi tentang kepemimpinan

KUNINGAN - Lembaga Pendidikan dan Pelatihan AR Learning Center kembali mengadakan sesi pelatihan yang ditujukan bagi masyarakat. Setelah sukses dalam Pelatihan Sertifikasi Fundamental Pajak (C.FTax) Tahun 2021 angkatan pertama beberapa waktu lalu, sejak Kamis (09/09) hingga Sabtu (11/09) mereka menggelar lagi pelatihan dengan Tajuk Certified Leadership Association of AR Learning Center.
Pelatihan yang dilakukan melalui aplikasi zoom meeting ini kembali menyedot ratusan peserta. Tercatat ada sekira 107 peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang ikut ambil bagian.
Pemateri pelatihan kepemimpinan, Dr Dadang Suhardi,SE.,MM. memaparkan tentang apa itu kepemimpinan. Menurutnya,

leadership atau kepemimpinan adalah suatu seni, fungsi, proses dan kemampuan dalam mempengaruhi dan mengarahkan orang-orang dengan cara kepatuhan, kepercayaan dan kesetiaan agar berbuat sesuatu sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.
"Pemimpin itu berbeda dengan manajer. Setidaknya ada 7 perbedaan apa itu pemimpin dan manajer, " sebutnya di hadapan peserta zoom meeting.
Dadang menjelaskan, perbedaan pemimpin  dan manajer, pertama soal ide. Jika pemimpin adalah yang bisa memberikan ide-ide sedangkan manajer adalah yang akan mewujudkan ide tersebut.
"Pemimpin itu juga adalah yang membangun visi, sedangkan manajer membangun tujuan, " sebut Dadang.
Selanjutnya, seorang pemimpin itu harus bisa berinovasi, sedangkan manajer akan menjaga dan mempertahankan budaya dalam satu perusahaan atau Lembaga.

PMB FAHUTAN UNIKU KLIK DI SINI

Kampus Fahutan Uniku
"Keempat, pemimpin itu senang mengambil risiko, sedangkan  manajer justru mengatur risiko. Kelima pemimpin mengandalkan kepercayaan, sedangkan manajer mengandalkan kekuasaan, " kata Dadang lagi.
Lalu, yang keenam, masih Dadang, Pemimpin itu harus bisa memikirkan proses, sedangkan manajer yang memikirkan hasilnya bagaimana.
"Terakhir, pemimpin itu berpikir panjang untuk perusahaan, sedangkan manajer, akan berpikir sesuai yang diperintahkan oleh pemimpin, " tandas Dadang.

Sementara itu, salah seorang peserta Pelatihan Leadership ini, Nana yang juga salah seorang pegawai di Dinas Perikanan dan Peternakan Kuningan mengaku senang mengikuti pelatihan tersebut.
"Kita jadi tahu cara dan bagaimana bersikap jika jadi seorang pemimpin, " katanya kepada KR, Sabtu (11/09) malam.
Ia juga mengapresiasi keluwesan pemateri yang memberikan point per point secara lugas dan mudah dimengerti.
"Semoga ke depan Saya bisa ikut lagi pelatihan ini. Ini sangat bermanfaat, " ujarnya. (Nars)

No comments

Powered by Blogger.