Ads Top

Versi LHKPN, Ini Daftar 10 Anggota DPRD Kuningan Terkaya, Paling Tajir Punya 34 Bidang Tanah

 

Gedung DPRD Kabupaten Kuningan

KUNINGAN - Berdasarkan pengumuman yang dikeluarkan Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) melalui laman web elhkpn.kpk.go.id, sesuai Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) akhir tahun 2020, kuninganreligi.com berhasil merangkum 10 data Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kuningan terkaya sesuai LHKPN yang dilaporkannya.

Dari daftar tersebut, ternyata muncul nama H Udin Kusnedi, Anggota Fraksi Partai Amanat Nasional DPRD Kuningan, sebagai aleg terkaya versi LHKPN dengan jumlah total harta kekayaan senilai Rp 10,246 miliar.

Berikut daftar 10 anggota DPRD Kuningan terkaya versi LHKPN Tahun 2020:


1. Udin Kusnedi

Mantan Ketua DPD PAN Kabupaten Kuningan ini menempati urutan pertama sebagai anggota DPRD Kuningan terkaya versi LHKPN Tahun 2020 dengan total harta kekayaan senilai Rp 10,246 miliar. Untuk diketahui sesuai laporan LHKPN ini, Udin memiliki 34 bidang tanah dengan luasan beragam di wilayah Kabupaten Kuningan dan Kota Cirebon. 

Selain itu, mantan Calon Wakil Bupati Kuningan ini, dikenal pula sebagai seorang pengusaha yang bergelut di bidang transportasi dan pertanian.

2. Chartam Sulaiman

Meski baru periode 2019-2024 ini menjabat sebagai Anggota DPRD Kuningan, Chartam Sulaiman sebelumnya dikenal sebagai pengusaha retail yang memiliki banyak cabang toko serba ada (Toserba) di wilayah Kabupaten Kuningan.

Dengan total harta kekayaan senilai Rp 9,446 miliar, Ketua DPD NasDem Kabupaten Kuningan ini menempati urutan kedua dalam daftar anggota DPRD Kuningan terkaya versi LHKPN Tahun 2020.

3. Didit Pamungkas

Anggota Fraksi Golongan Karya DPRD Kuningan, Didit Pamungkas, juga baru menjadi aleg periode 2019-2024. Namun dengan jumlah total harta kekayaan senilai Rp 8,159 miliar, Ie menempati posisi ketiga dalam urutan daftar anggota DPRD Kuningan terkaya versi LHKPN Tahun 2020.

Didit dikenal sebagai putra dari mantan Direktur Utama Bank Jabar Banten (BJB), Almarhum Umar Sjarifuddin, yang juga mengelola usaha di bidang pariwisata dan memiliki lembaga pendidikan modern di kawasan Kuningan utara.

4. Kokom Komariyah

Sebagai politisi senior di Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang sudah menjabat sebagai anggota legislatif beberapa periode ini, Kokom Komariyah, berada di posisi keempat dalam urutan daftar anggota DPRD Kuningan terkaya versi LHKPN Tahun 2020.

Politisi wanita dari Dapil 2 Kuningan ini memiliki harta kekayaan yang terlaporkan senilai Rp 7,654 miliar. 

5. Julkarnaen

Meniti karier politik dengan kendaraan Partai Bulan Bintang (PBB), Julkarnaen, berhasil jadi Anggota DPRD Kuningan dan masuk anggota di Fraksi Gerindra-Bintang. Ternyata harta kekayaan yang dilaporkan di LHKPN oleh pria yang juga dikenal dengan pengusaha Gas LPG ini adalah senilai Rp 4,065 miliar.

Dengan jumlah tersebut, Julkarnaen berada di urutan kelima daftar anggota DPRD Kuningan terkaya versi LHKPN Tahun 2020.

6. Iip Syarip Hidayat

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kuningan, Iip Syarip Hidayat, menempati urutan keenam dalam aftar anggota DPRD Kuningan terkaya versi LHKPN Tahun 2020.

Iip juga merupakan anggota DPRD yang baru masuk di periode 2019-2024 ini. Dari data yang diperoleh berdasarkan LHKPN Tahun 2020, Iip memiliki harta kekayaan senilai Rp 2,215 miliar.

7. Yudi Budiana

Sosok Yudi Budiana di DPD Partai Golkar Kuningan bukanlah orang baru. Bahkan Yudi pun pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kuningan pada periode 2004-2009.

Dengan total harta kekayaan yang dirilis LHKPN senilai Rp 1,673 miliar, Yudi menempati urutan ketujuh dalam daftar anggota DPRD Kuningan terkaya versi LHKPN Tahun 2020.

8. Rana Suparman

Empat periode sudah, Rana Suparman menjadi Anggota DPRD Kabupaten Kuningan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Rana pun sempat menjadi Ketua DPRD Kuningan pada periode 2014-2019 dan Ketua DPC PDIP Kuningan di periode itu.

Pia yang juga aktif dalam kegiatan pelestarian gunung dan hutan ini, sesuai LHKPN Tahun 2020, ternyata memiliki total harta kekayaan senilai Rp 1,732 miliar dan menempati urutan kedelapan dalam daftar anggota DPRD Kuningan terkaya versi LHKPN Tahun 2020.

9. Dede Ismail

Memegang puncak jabatan di DPC Partai Gerindra Kuningan, Dede Ismail, juga merupakan politisi kawakan yang telah banyak makan asam garam. Dede Ismail dikenal vokal dalam mengkritisi kebijakan pemerintah yang dianggapnya tidak pro rakyat. Sama halnya dengan Rana Suparman, Deis, sapaannya, juga kerap kali menjadi juru bicara DPRD Kuningan ketika ada aksi unjuk rasa di gedung dewan.

Dengan total harta kekayaan yang dirilis LHKPN senilai Rp 1,623 miliar, Deis menempati urutan kesembilan dalam daftar anggota DPRD Kuningan terkaya versi LHKPN Tahun 2020.

10. Apang Sujaman


Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) asal Dapil 4 Kuningan ini pun dikenal sebagai politisi yang sudah 4 periode menjabat sebagai anggota legislatif. Apang memiliki total harta kekayaan senilai Rp 1,559 miliar yang dirilis KPK dalam LHKPN tahun 2020, dan menempati urutan kesepuluh dalam daftar anggota DPRD Kuningan terkaya versi LHKPN Tahun 2020.

Demikian daftar anggota DPRD Kuningan terkaya versi LHKPN Tahun 2020. Nantikan daftar lengkap hasil LHKPN Tahun 2020 yang dirilis KPK RI berikutnya dalam topik yang lain, hanya di kuninganreligi.com.

(Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.