Ads Top

Kampus II UNISA Dirancang Jadi Lokasi Wisata Edukasi

Wabup Kuningan, M Ridho Suganda, berpose bersama jajaran Unisa dan undangan usai peletakan batu pertama Kampus II Unisa. (foto:KR) 

KUNINGAN - Universitas Islam Al Ihya (UNISA) memulai pembangunan kampus keduanya, Sabtu (23/10/2021). Rektor UNISA, Nurul Iman Hima Amrullah, menyebutkan bahwa Kampus II UNISA dirancang pihaknya sebagai kampus induk yang selain untuk tempat menimba ilmu para mahasiswa secara formal, perkantoran rektorat, juga ke depan dikonsep sebagai lokasi wisata edukasi bagi masyarakat.

"Nanti di sini akan kita buatkan semacam lokasi wisata edukasi, ada teropong bintang, untuk para pelajar menambah wawasan pengetahuan terkait astronomi. Kita akan tanami juga di sekitar kampus ini Bunga Sakura, flora khas Negara Jepang, yang jika berbunga nantinya bisa jadi tempat swafoto masyarakat juga," terang Iman, dalam acara peletakan batu pertama Kampus II UNISA yang digelar Sabtu (23/10/2021)  di Jalan Raya Cirendang-Gunungkeling, Kecamatan Kuningan.

Peletakan batu pertama mengawali pembangunan Kampus II UNISA ini dilakukan oleh Wakil Bupati Kuningan, M Ridho Suganda. Selain Wabup, ikut juga melakukan peletakan batu pertama, Kepala KCD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, mewakili Gubernur Ridwan Kamil, Dadan Rahmayana, Regional Commercial Business Manager (RCB Manager) Bank Syariah Indonesia, Vanca Putra Adikusuma, dan mewakili LLDikti Wikayah IV Jabar Baten, Yayan Mulyana. 

Kemudian, Wakil Ketua DPRD Kuningan, Ujang Kosasih, Ketua Yayasan Al-Ihya Kuningan, Barna Subarna, dan Rektor Unisa Kuningan, Nurul Iman Hima Amrullah.

Cita-cita pembangunan Kampus II UNISA ini, kata Rektor Iman, diawali dengan melihat kondisi Kampus I Unisa di CIgugur yang terbilang kurang strategis, karena banyak masyarakat yang tidak tahu akibat lokasinya tersembunyi.

"Pembangunan kampus II ini sudah lama kita rencanakan, bahkan sejak jaman Bupati Kuningan, Pak Aang Hamid Suganda, saat itu kita cari lokasi yang tepat, salah satunya di sini yang memiliki luas lahan 2,8 hektare," kata Iman.

Kemudian, setelah berproses akhirnya pihaknya memutuskan untuk memulai pembangunan tahap awal Kampus II UNISA ini. Dengan harapan, setelah dimulai akan menginspirasi semua pihak untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunannya.


'Kita juga sempat melakukan konsultasi kepada Pak Gubernur, yang katanya Pak Ridwan Kamil juga akan menyumbangkan desain untuk gambar masjidnya yang akan dibangun di sini. Semoga dengan memulai pembangunan ini, banyak pihak yang mau ikut andil dalam pembangunannya," sebut Rektor.

Pembangunan Kampus II UNISA tahap pertama ini, imbuhnya, akan dimulai dengan pembangunan dua unit gedung di bagian depan. Selanjutnya akan diteruskan dengan pembanguan di bagian belakang. 

"Kita sudah konsep pembangunan kampus ini sebagai Kampus ramah lingkungan (green campus).  Seperti yang sedang dicanangkan Pak Presiden, yakni green energy, maka ini selaras juga dengan konsep kita, green campus," tambahnya.

Ditanya soal target waktu pembangunan, Iman Arul, sapaannya, menjawab bahwa pihaknya tidak bisa menargetkan, karena semua berjalan sesuai ketersediaan anggaran.

"Yang penting kita melangkah saja dulu, nanti yang kondangan mah pasti muncul, jika hajatan ini sudah digelar, " selorohnya.

Sementara, Ketua Yayasan Al Ihya, Barna Subarna, dalam sambutannya merasa bersyukur bahwa cita-cita yayasan untuk mendedikasikan diri kepada pendidikan masyarakat, sedikit demi sedikit terus berkembang maju.

Yayasan Al Ihya Kuningan, imbuh Barna, tidak hanya memiliki kampus untuk pendidikan tinggi saja (UNISA), tetapi juga, saat ini Yayasan Al Ihya telah memiliki tempat penyelenggaraan pendidikan formal mulai tingkat Usia Dini, SD/MI, SMP/MTs dan SMK.

"Kita juga memiliki pondok pesantren terpadu / modern Al Ihya yang Alhamdulillah saat ini sudah banyak santrinya, bahkan untuk daya tampung santri baru sudah penuh dan banyak yang masuk daftar tunggu. Makanya kita akan bangun Pontren terpadu juga di wilayah Kecamatan Cidahu," paparnya.

Terpisah, Wakil Bupati Kuningan, M Ridho Suganda, mengapresiasi komitmen Yayasan Al Ihya Kuningan untuk mengabdikan diri kepada dunia pendidikan masyarakat. Meski diselenggarakan oleh swasta, namun Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan tetap mendorong UNISA agar bisa mewujudkan cita-citanya.

" Namun Kami berharap ke depan, Unisa bisa membuka program studi atau jurusan pertanian / pariwisata.  Karena kalau dalam perniagaan, core bisnis Kabupaten Kuningan ini adalah Pertanian dan Pariwisata," ujar Wabup. 

Wabup mengaku, sering berbincang dengan lulusan perguruan tinggi di Kuningan yang mengeluhkan tidak adanya lapangan pekerjaan. Padahal, ujarnya, jika melihat potensi lapangan pekerjaan di wilayah Kabupaten Kuningan, banyak di bidang pertanian dan pariwisata.

Terpisah, mewakili Gubernur Jawa Barat, Kepala Seksi Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Barat, Dadan Rahmayana, mengucapkan selamat kepada Yayasan Al Ihya yang telah memulai pembangunan Kampus II UNISA.

"Pak Gubernur mengucapkan selamat semoga UNISA bisa lebih banyak menciptakan generasi Qur'ani. Visi Jabar Juara, memerlukan turunan program yang salah satunya harus dikolaborasikan dengan Pemerintahan Kabupaten/Kota, program tersebut di antaranya adalah mewujudkan Jabar Unggul dari sektor pendidikan," ungkapnya.


Pemprov Jabar, imbuh Dadan, berkomitmen memberikan kemudahan bagi warga usia sekolah untuk mendapatkan akses pendidikan.  

"Untuk pembangunan ini, UNISA bisa mengajukan permohonan hibah kepada Pemrov Jabar. Tahun ini kita merencanakan penyaluran bantuan pendidikan sejumlah Rp 200 miliar, namun karena adanya refokusing anggaran hanya tinggal sekira Rp 70 miliar saja," terangnya.

Untuk mengajukan permohonan bantuan hibah pembangunan sarana pendidikan ini, pihak UNISA dikatakannya, bisa mengakses laman sipd.go.id. 

Di sisi lain, Regional Commercial Business Manager (RCB Manager) Bank Syariah Indonesia, Vanca Putra Adikusuma mengatakan BSI akan selalu mendukung setiap upaya mencetak generasi yang berkualitas, di antaranya melalui proses pendidikan seperti yang dilaksanakan pihak UNISA.

"Ini sejalan dengan program yang ada di Bank Syariah Indonesia yang terus berkomitmen mencetak generasi-generasi bangsa yang berkualitas. Kami ucapkan selamat kepada UNISA, semoga pembangunan Kampus II ini lancar dan kami akan terus berikan support," tandasnya. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.