Ads Top

Ilustrasi Kades Perempuan

KUNINGAN - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di Kabupaten Kuningan sudah selesai. Dari 78 kepala desa terpilih pada Pilkades, Ahad (28/11) kemarin, ternyata ada 9 orang kades mewakili kaum perempuan. 


Berdasarkan hasil perhitungan suara yang diterima kuninganreligi.com, Senin (29/11) pagi, kesembilan Kades baru yang mewakili kaum hawa ini adalah dari Desa Babakanmulya (Kecamatan Jalaksana), Desa Linggasana (Kecamatan Cilimus), Desa Setianegara (Cilimus), Desa Pajambon (Kecamatan Kramatmulya) dan Desa Cikupa (Kecamatan Darma). 

Kemudian Kades perempuan terpilih juga muncul di Desa Tajurbuntu (Kecamatan Pancalang), Desa Mekarjaya (Kecamatan Pancalang), Desa Cikondang (Kecamatan Hantaran) dan Desa Sindangsari (Kecamatan Sindangagung). 


Di Desa Babakanmulya, Titin Kartini berhasil mengungguli cakades Memed Srimulya dengan jumlah suara 1.355. Lalu, Henny Rosdiana, sebagai Calon Petahana, tetap berjaya mengungguli 3 cakades lain yang laki-laki. Henny unggul dengan 444 suara. 

Selanjutnya, dari 3 cakades perempuan yang bersaing di Desa Setianegara ternyata berhasil diungguli oleh Nani Sumarni dengan jumlah suara terpaut jauh. Nani unggul dengan perolehan 1.491 suara. 

Di Desa Pajambon, Cakades petahsna, Nani Ariningsih, tetap melanjutkan jabatannya setelah menang 990 suara. Nani mengalahkan Dadang Suhendra yang hanya mendapat 406 suara. 

Terpisah, di Desa Cikupa, Kecamatan Darma, Meli Pemilia, menang dari 2 pesaingnya yang laki-laki dengan 620 suara. 

Satu lagi cakades petahana perempuan, Ampuh Surya Komariah, masih unggul dan melanjutkan jabatannya sebagai Kades setelah menang dengan jumlah 637 suara pada Pilkades kemarin. 

Masih di Kecamatan Pancalang, cakades perempuan di Desa Mekarjaya, Irma Dharmawati, unggul atas 3 cakades laki-laki lainnya dengan 775 suara. 

Cakades perempuan termuda usianya, Lia Nuryanah, bisa mengalahkan satu cakades saingannya, Kariaman, dengan 405 suara. 


Dan terakhir, Kades Perempuan juga muncul di Desa Sindangsari, Kecamatan Sindangagung. Reni Rohani berhasil mendapat 1.063 suara mengalahkan cakades Abas yang hanya mendapat 788 suara. 

Dengan terpilihnya 9 Kades perempuan pada Pilkades 2021 ini, menunjukkan tingkat keterwakilan perempuan untuk jadi pemimpin di kalangan masyarakat masih ada. (Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.