Ads Top

Atlet Kuningan Sumbang 5 Emas Peparnas Papua, Jabar Berada di Urutan Kedua

Atletik Paralimpik asal Kuningan yang ikut Kontingen Jabar di Peparnas Papua, kembali berprestasi

KUNINGAN - Lima Atlet Paralimpik asal Kabupaten Kuningan, mengikuti jejak rekan-rekan mereka pada PON Papua 2021 lalu. Kelima atlet yang ikut bersama Kontingen Jawa Barat pada Pekan Paralimpik Nasional XVI Tahun 2021 yang digelar di Papua, berhasil menyumbangkan 5 medali emas. 


Lima medali emas masing-masing disumbangkan 2 dari Cabang Atletik, 2 dari Tenis Meja dan 1 dari Cabang Catur. 


Pengurus National Paralympic Comitte Indonesia (NPCI) Kabupaten Kuningan, DR Carlan, saat dihubungi media, Ahad (14/11/2021) merinci bahwa medali emas itu diraih oleh Insan Nurhaida (nomor 100 meter putra), Indah Khoirunisa (nomor 400 meter putri), Junaedi (Cabor Tenis Meja) dan Tita Puspita (Cabang Catur) 


"Selain itu ada 1 medali perak atas nama atlet Mimin dan 3 perunggu disumbang Atlet Yayu, " ujarnya. 


Pihaknya mengaku sangat bangga ketika mengetahui kelima atlet paralimpik asal Kuningan ini bisa berprestasi di tingkat Nasional. 


"Tentu kita sangat bangga, dan ini akan kita berikan penghargaan bagi mereka. Kita akan apresiasi prestasi mereka dengan agenda sebagaimana penyambutan atlet PON beberapa waktu lalu, " ungkap Elon, sapaannya. 


Terpisah, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan, DR Toto Toharudin, juga membenarkan bahwa hari Selasa akan diagendakan penyambutan dan arak-arakan atlet Paralimpik asal Kuningan yang telah membawa nama daerah di ajang Peparnas XVI Papua 2021.


"Kita juga akan apresiasi prestasi mereka. Sama seperti penyambutan atlet PON XX Papua, Atlet Peparnas juga akan kita sambut di Pendopo. Sebelumnya kita arak dulu keliling Kuningan, " ujarnya. 


Toto mengaku akan membangun Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) agar bisa meningkatkan prestasi para atlet di daerah. 

"Semoga ke depan prestasi atlet asal Kuningan akan lebih banyak lagi. Dan kita sangat berkomitmen dalam pembinaan prestasi atlet ini. Kedepan kita akan bangun PPLP, " katanya. 


Untuk diketahui, pada pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional XVI Tahun 2021 di Papua, Kontingen Jawa Barat harus puas berada di urutan kedua perolehan medali setelah Tuan Rumah. (Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.