Ads Top

Calon Kades Diberi Semangat "Bertanding", Jadi Pemenang Bermula dari Diri Sendiri

Yanuar Prihatin, berikan motivasi bagi puluhan calon Kades sebelum "bertanding" di Pilkades

KUNINGAN - Sebanyak 25 Calon Kepala Desa yang akan meramaikan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 di Kabupaten Kuningan dibekali semangat dan kepercayaan diri oleh motivator handal, Yanuar Prihatin, Sabtu (06/11) di Aula Hotel Ayong Linggajati, Kuningan. 

Kepada para calon Kades, pria yang juga Anggota DPR RI ini memberikan pemahaman bahwa untuk menggapai cita-cita dan keinginan, seseorang harus bisa mengenali dan menguasai potensi yang ada dalam diri. 


"Dasarnya adalah niat, singkirkan semua beban negatif, tak boleh pesimistis, percaya potensi diri dan fokus. Dan yang lebih penting adalah bahwa upaya kita selalu minta kepada Allah SWT agar bisa tercapai berkat kemurahanNya," paparnya. 

Kebanyakan orang, imbuhnya, lebih melihatbhambatan dan hal yang diluar kemampuannya sebelum bertindak melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan. 

"Seperti contoh di Pilkades, satu calon berpikiran kalah modal, kalah pengaruh dan tak bisa melebihi kompetitornya sebelum berjuang. Pikiran-pikiran ini harus disingkirkan, " ujarnya. 

Semua hambatan yang dipandang sulit itu, kata Yanuar, berawal dari pemikiran manusianya. Padahal jika kita selalu berpikir positif sebelum melangkah, hambatan itu akan terasa kecil. 

"Seperti kita akan pergi ke Monas, lihat orang naik mobil kita jadi minder karena tak punya mobil. Padahal banyak cara untuk dapat tiba di Monas, bisa pakai sepeda motor, sepeda, atau bahkan jalan kaki, hanya agar waktu tibanya bersamaan tentu yang pake motor, sepeda atau jalan kaki harus berangkat duluan, " bebernya. 

Begitu pun agar jadi pemenang dalam Pilkades, jangan melihat potensi apa yang dimiliki kompetitor kita. Tapi kita percaya bahwa potensi dalam diri kita mampu dan bisa mencapainya. 

"Karena Kepala Desa ini kan yang memilih masyarakat, kita tidak tahu dalam benak calon pemilih kita. Mungkin saja mereka lebih senang pada calon yang apa adanya, calon yang mau berkomunikasi dengan mereka, bukan karena politik uang, " imbuhnya. 

Yanuar memberikan contoh, banyak Calon Kades yang berlatarbelakang dipandang tidak akan bisa jadi pemenang, padahal pada kenyataannya mereka bisa terpilih. 

"Dari para calon Kades yang pernah ikut pembekalan motivasi yang Saya berikan, Alhamdulillah ada sekira 60 persen yang bisa terpilih, " kata Yanuar. 

Para calon Kades yang justru menang itu, ada yang hanya berlatarbelakang sebagai penggembala kambing, orang tak mampu, usia muda bahkan hanya dengan modal kecil. 

"Jika kita bisa melihat hambatan sebagai satu potensi untuk kemenangan, dengan izin Allah, tujuan bisa kita capai, meskipun orang menganggap hal itu mustahil, " ungkapnya. 


Mengulas sedikit profil Yanuar Prihatin, pria kelahiran Tahun 1970 ini, banyak pengalaman menjadi sebagai motivator. Keahlian memberikan motivasi kepada orang lain ini digelutinya sejak mengenyam bangku kuliah. 

Yanuar, yang mendirikan Cahaya Sekolah Kehidupan ini, telah banyak melanglangbuana untuk memberikan training maupun jadi motivator untuk berbagai kalangan. 

"Ratusan kali mungkin ya, semua provinsi pernah kita kunjungi dalam rangka memberikan motivasi.Hanya Papua dan Papua Barat saja yang belum (dikunjungi). Ada pesertanya yang hanya 5 orang hingga ribuan orang, " sebut Yanuar saat ditanya pengalamannya menjadi seorang motivator. (Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.