Ads Top

Hari Ini Tanggal Cantik 11.11, Ini Hikmah Buat Para Jomblo di Hari Jomblo Sedunia

Ilustrasi (foto: hipwee.com) 

KUNINGAN - Tak banyak yang tahu, bahwa Kamis (11/11) ini adalah Hari Jomblo Sedunia atau Single Day. Namun hari dengan tanggal cantik ini 11.11, biasa juga dikenal sebagai Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), dimana semua perusahaan niaga daring menawarkan harga yang super murah untuk para pelanggannya. 

Kita tidak akan  membahas Harbolnas, tapi kita akan fokus saja pada Hari Jomblo Sedunia dan ternyata peringatan hari Jomblo ini di negeri orang banyak yang merayakannya. 


Biasanya di HJS ini, orang-orang yang tak punya pasangan di luar sana, akan menyibukkan diri mereka untuk menghibur diri dalam kesendiriannya. 

Namun, lagi-lagi, mari kita fokus pada istilah Jomblonya, untuk Hari Jomblo Sedunia-nya kita kesampingkan dulu. 

Banyak diketahui, status Jomblo adalah keadaan dimana seseorang tak memiliki pasangan hidup. Di dalam Agama Islam, status Jomblo ini bisa diartikan keadaan seseorang pria atau wanita yang single dan belum/tidak berada dalam ikatan pernikahan. 

Baca Khazanah lainnya:

AKAN DATANG DUA KEGELAPAN DI ALAM LAIN, INI PENERANGNYA MENURUT FIRMAN ALLAH SWT


Karena dalam agama Islam tidak dikenal istilah pacaran, jadi istilah Jomblo ini tidak bisa diterapkan kepada mereka yang tidak punya pacar, 

Malahan dalam Islam, orang yang tidak punya pacar (baca: tidak berpacaran sebelum menikah) adalah hal yang baik. 

Setidaknya ada beberapa keuntungan bagi kaum yang masih single / belum menikah. Di antaranya, pertama, jomblowan/jomblowati ini akan lebih bisa fokus untuk berkegiatan positif. Apalagi jika dalam kesendiriannya, Ia lebih suka mendekatkan diri pada Sang Khaliq. 

Kedua, Jomblo yang tidak tertarik pada fenomena pacaran, mereka ini sebenarnya lebih diuntungkan. Karena 'pacaran' cenderung lebih dekat dengan kemaksiatan. Dengan pacaran, sepasang manusia lebih ada kesempatan untuk melakukan hal-hal yang dilarang dalam ajaran agama. 

Yup, satu lagi, para Jomblo seharusnya lebih gembira, soalnya dengan kesendiriannya Ia bisa fokus berprestasi dalam pelajaran sekolahnya, dalam karier kerjanya dan dalam hal positif lainnya. 

Seorang Jomblo juga tentu lebih punya banyak waktu untuk berbakti pada orang tuanya, pada keluarganya dan teman-temannya. 

Jadi jangan khawatir menjadi seorang Jomblo. Banyak hal yang baik yang bisa kita kerjakan saat sendirian. Soal pasangan hidup, Allah SWT sudah mengatur untuk makhluk-Nya. 

Seperti FirmanNya dalam Al Qur'an Surah Asy Syura ayat 11 yang artinya: “(Allah) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu pasang-pasangan dari jenis kamu sendiri, dan dari jenis hewan ternak pasangan-pasangan (juga). Dijadikannya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada seuatu pun yang serupa dengan dia. Dan dia yang maha Mendengar, Maha melihat.".

Namun, jangan karena Allah SWT telah menjanjikan pasangan ini, lantas seorang Jomblo harus asyik terus dalam kesendiriannya. Karena Allah SWT juga telah memerintahkan kepada manusia untuk melangsungkan pernikahan jika Ia sudah mampu. 

Seperti dalam FirmanNya pada Surah An-Nur ayat 32 yang artinya: "Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui.”

Rasulullah SAW juga pernah bersabda: " Jika seorang hamba menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya; oleh karena itu hendaklah ia bertakwa kepada Allah untuk separuh yang tersisa".


Dalam riwayat lain Rasulullah juga bersabda: 'Wahai para pemuda, barangsiapa di antara kalian yang mampu menikah, maka menikahlah. Karena menikah lebih dapat menahan pandangan dan lebih memelihara kemaluan. Dan barangsiapa yang tidak mampu, maka hendaklah ia berpuasa; karena puasa dapat menekan syahwatnya (sebagai tameng).( HR Bukhari). 

Maka, bagi para Jomblowan-Jomblowati, ada satu garis besar yang bisa diambil dari catatan yang diambil dari berbagai sumber ini. 

Pertama, jangan minder jadi Jomblo, karena banyak hikmah yang bisa diambil dari kondisi kesendirian ini. 

Kedua, jika sudah merasa mampu, segeralah menikah, karena dengan nikah kita juga bisa terhindar dari kemaksiatan dan menyempurnakan kita. 

Ketiga, jika belum mampu menikah maka perbanyak kegiatan positif dan berpuasalah untuk menjaga hawa nafsu sebagaimana sabda Rasulullah SAW di atas. 

Wallahu a'lam bish-showab. 

(Diambil dari berbagai sumber) 

Diberdayakan oleh Blogger.