Ads Top

Jum'at (19/11) Besok Gerhana Bulan Sebagian, Ini Keterangan BMKG dan MUI Kuningan

Gerhana Bulan Sebagian (foto BMKG) 

KUNINGAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya menyebutkan pada Jum'at (19/11/2021) besok, akan terjadi fenomena Gerhana Bulan sebagian yang bisa diamati oleh masyarakat di beberapa wilayah Indonesia bagian timur. 

Gerhana bulan sebagian, Jum'at (19/11) besok, dikabarkan akan bisa diamati di wilayah Maluku hingga Surabaya. Gerhana ini adalah salah satu dari 2 kali kejadian gerhana bulan yang terjadi pada Tahun 2021 ini. 


Sebelumnya Gerhana Bulan Total terjadi pada 26 Mei 2021 lalu, dan dapat diamati di sebagian wilayah Indonesia. 

"Gerhana Bulan Sebagian terjadi saat sebagian piringan Bulan masuk ke umbra (bayangan utama) Bumi. Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, Bulan akan terlihat berwarna gelap sedikit kemerahan di yang terkena umbra Bumi tersebut, " papar BMKG dalam keterangannya, Senin (15/11). 

Terpisah, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kuningan, KH Dodo Syarif Hidayatullah, dalam keterangan persnya pada Kamis (18/11) membenarkan akan terjadi gerhana bulan pada Jum'at (19/11) besok. 

" Benar bahwa pada tanggal 19 November 2021 akan terjadi fenomena alam yang luar biasa yaitu gerhana bulan sebagian. Waktunya sangat lama, mulai pukul 13.00 WIN sampai dengan pukul 19.05 WIB, " papar K Dodo. 

Ia menambahkan, waktu gerhana yang terjadi selama 6 jam 5 menit ini adalah terjadi fase permulaan penumbra pada pukul 13:00 WIB. 


"Kemudian, fase permulaan umbra (pukul 14:18 WIB), puncak umbra (pukul 16:02 WIB), fase akhir umbra (pukul 17:47 WIB), dan fase akhir penumbra (pukul 19:05 WIB), " rincinya. 

Kiai Dodo mengatakan, hingga akhir umbra, "samagaha bulan" tidak akan teramati karena bulan masih berada di bawah ufuq (belum terbit). 

"Ini merupakan informasi yang saya peroleh dari MUI Jawa Barat berdasarkan Badan Hisab dan Rukyat Kota Bandung. Katanya fase ke 5 (akhir penumbra) dapat teramati di seluruh wilayah Indonesia, " terangnya. (Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.