Ads Top

Aktivitas 'Mobil Raksasa' Hebohkan Warga Cigugur, Ada yang Sebut Getarannya Kencang Sekali

Mobil yang disebut kendaraan Vibro Seismik, terlihat melakukan aktivitas di Jalan Raya Kecamatan Cigugur

KUNINGAN - Warga Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan dihebohkan dengan adanya aktivitas sejumlah unit kendaraan seperti truk berbadan besar (raksasa) berwarna putih di jalan raya yang dilalui warga. 

Truk raksasa tersebut dikabarkan menghasilkan getaran yang sangat besar dirasakan warga di dekatnya. Bahkan  sebagian warga yang tinggal tidak jauh dari lokasi aktivitas truk tersebut mengaku getaran dari truk itu dirasakan hingga menggerakkan bangunan tempatnya tinggal. 

"Iya getaran dari kendaraan berat itu dirasakan warga, bahkan banyak warga yang keluar rumah, " ujar Beni, seorang tokoh pemuda di Desa Cileuleuy, Kecamatan Cileuleuy. 


Ia menambahkan, pergerakan mobil raksasa itu seperti telah ada jalurnya berupa patok-patok di sepanjang jalan. 

"Sepertinya sudah ada jalurnya, bergerak mengikuti patok yang ada, " sebutnya. 

Namun saat ditanya soal dampak kerusakan dari getaran aktivitas mobil itu, Beni mengaku tidak mengetahuinya. 

"Belum tahu kalau ada yang posting rumah rusak dari getaran mobil itu, yang jelas getarannya memang terasa kencang, " ujarnya. 

Sementara itu, terpantau di lapangan sepak bola Kelurahan Cigugur nampak satu unit truk raksasa tersebut terparkir. 

Yeti (38 tahun), warga sekitar menyebutkan bahwa kendaraan tersebut telah berada di lokasi tersebut sejak Ahad (31/10) kemarin. 

"Tadinya ada 3 unit, namun yang ini katanya ada gangguan teknis alias rusak, nunggu dibetulkan dulu, " ujar Yeti diamini Iwan. 

Terpisah, Leo Hutagalung (52), tokoh pemuda Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur menyayangkan adanya aktivitas kendaraan besar yang diketahui dijuluki Mobil Vibro Seismik di wilayah Kecamatan Cigugur ini. 

Ia menyoal bahwa tidak ada sosialisasi atau pemberitahuan kepada warga sebelumnya sehingga warga banyak yang penasaran, bahkan tidak sedikit yang menyangka aktivitas truk raksasa itu ada kaitannya dengan isu eksplorasi dan eksploitasi panas bumi Gunung Ciremai. 


"Banyak anggapan masyarakat ini bagian dari tujuan pemanfaatan panas bumi, apakah demikian atau bagaimana?" katanya.

Ia berharap, dari Pemkab Kuningan bisa segera memberikan keterangan yang jelas terkait adanya aktivitas Mobil Vibro Seismik ini di sepanjang Jalan Kecamatan Cigugur. 

Saat kuninganreligi.com mencoba melakukan konfirmasi terkait kehadiran truk Vibro Seismik ini kepada bidang dan SKPD terkait, Senin (01/11), belum didapatkan keterangan yang jelas apa yang sedang dilakukan mobil-mobil raksasa tersebut di wilayah Kabupaten Kuningan. 

Semua yang dikonfirmasi mengaku belum tahu adanya aktivitas mobil tersebut. Namun didapatkan informasi bahwa memang 1-2 bulan ke belakang pernah ada sosialisasi di lingkup Pemkab Kuningan terkait akan adanya kegiatan survei kebumian 2D Vibroseis Sub-vulkanik Jawa di Kabupaten Kuningan pada Oktober-November tahun ini. 

"Kalau enggak salah pernah ada sosialisasi akan dilakukannya survei Vibroseis ini sebulan atau dua bulan yang lalu. Mungkin mobil Vibro seismik yang ada di Kecamatan Cigugur tersebut adalah untuk kegiatan ini, " ujar salah seorang pejabat Setda Kuningan yang sempat KR konfirmasi di kantornya, Senin siang tadi. (Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.