Ads Top

Mang Elon Optimis Lolos Seleksi Terbuka, Bidik Posisi Kepala Disnakertrans, Ini Visi Misinya

DR Carlan, SPd.MM.Pd.

KUNINGAN - Bagi kalangan pejabat pemerintahan di Kabupaten Kuningan pasti mengenal sosok DR Carlan, SPd.MM.Pd. Pria kelahiran 12 Maret 1972 ini memang bisa dibilang punya kelebihan di tengah keterbatasan fisik yang dimilikinya. Meski punya keterbatasan fisik, Elon, sapaannya tetap menunjukkan kemampuan untuk bisa melebihi orang-orang di sekitarnya. 

Menjadi PNS sejak tahun 2006, Elon membuktikan menjadi yang terbaik dari rekan sejawatnya. Pada tahun 2019 lalu, Ia masuk pada Kategori 15 PNS Inspiratif Tingkat Nasional Versi Kemenpan RB setelah sebelumnya jadi PNS Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Barat di tahun yang sama. 


Saat ini Mang Elon, begitu Ia sering ingin dipanggil akrabnya, masuk dalam 23 pejabat eselon 2 Pemkab Kuningan yang ikut seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama. Dua posisi pimpinan SKPD dilamarnya pada seleksi terbuka ini, yakni posisi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM.

Saat ditemui kuninganreligi.com, Jum'at (19/11/2021), Elon mengaku optimis bisa melalui tahapan seleksi terbuka jabatan di lingkup Pemkab Kuningan ini dengan mulus. 

"Kalau Saya tidak optimis tidak usah melamar. Karena optimis ini makanya Saya mendaftarkan diri. Urusan menang kalah, dalam setiap pertandingan pasti ada yang menang dan ada yang kalah, " ungkapnya. 

Sesuai dengan apa yang disyaratkan oleh Panitia Seleksi, Ia mendaftarkan diri di posisi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. 

"Peluang saya daftar itu ada di Disnakertrans. Karena syaratnya ada pengalaman kerja. Kebetulan Saya pengalaman 17 tahun di Bidang Kesra, " kata suami Kokoy Kurnaeti, S. Pd. ini. 

Bagian kesra yang diisinya selama belasan tahun ini, imbuh Elon, erat kaitannya dengan ketenagakerjaan. Makanya pengalaman itu yang jadi dasar dirinya melamar di posisi Kepala Disnakertrans. 

Dalam "kompetisi" ini, Elon mengaku berjuang sesuai kompetensi yang dimiliki dirinya. Yang menilai nanti, katanya lagi, adalah pimpinan, apakah dirinya layak atau tidak. 

"Karena yang menilai keberhasilan seseorang itu kan bukan dari kita sendiri. Tetapi di posisi saya ini, pimpinan lah yang menilai dan publik yang merasakan kemanfaatan dari inovasi yang telah saya pribadi lakukan selama ini, " sebutnya. 

Bersaing bersama 5 pelamar lainnya di posisi Kepala Disnakertrans Kuningan, Elon mengaku akan mengangkat visi memberantas angka pengangguran di Kuningan. 

"Bagaimanapun soal pengangguran ini kalau tidak diselesaikan dengan rencana yang strategis ujung-ujungnya akan berdampak pada kerawanan sosial dan ekonomi, " ujarnya. 


Kerawanan sosial dan ekonomi ini pada akhirnya akan berdampak pada persoalan kemiskinan yang sekarang sedang disorot. 

"Kemiskinan ini erat kaitannya dengan hal yang menyengsarakan masyarakat. Saya ingin, ke depan persoalan pengangguran ini bisa diatasi secara sistematis, " tutup pria yang saat ini menjabat sebagai Kabid PAUD Dikmas, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan.  (Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.