Ads Top

Momen Mengharukan Plus Bikin Bangga, Video Cakades Tidak Terpilih Legowo di Ancaran, H Oban: Saya Ingin Beri Pelajaran Politik

Kedua Cakades Ancaran berpelukan usai perhitungan suara Pilkades, Ahad (28/11) kemarin

KUNINGAN - Tiga penggalan video paska perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Ancaran, Kecamatan Kuningan, tersebar di beberapa grup media sosial warga Kuningan, Senin (29/11/2021). Dalam video yang berdurasi masing-masing 1:06 menit, 26 detik dan 30 detik ini memperlihatkan sikap yang patut dicontoh oleh semua masyarakat. 

Betapa tidak, momen-momen yang diperlihatkan dalam ketiga video tersebut sangat mengharukan plus membikin bangga. Sekarang ini ternyata, nilai-nilai sportifitas dan persaudaraan di antara masyarakat masih ada di masyarakat. 


Dalam video pertama, berdurasi 1 menit lebih, memperlihatkan suasana haru saat rombongan Calon Kades Ancaran nomor urut 1, H Oban Kaokab mengunjungi kediaman Cakades nomor urut 2, Mugni Spd. 

Terlihat suasana damai saat kedua cakades ini berpelukan dan menangis memperlihatkan sportifitas yang kental dari keduanya. 

Sambil menahan tangis, cakades Mugni yang memenangkan pemilihan, mengatakan bahwa kedatangan rombongan H Oban sangat disambut baik. 

"Ya Allah, ini bukan musuh, ini adalah sahabat-sahabat kita, " katanya disambut teriakan Sholawat dari para pendukung kedua belah pihak. 

Di video lainnya, berdurasi 26 detik, nampak para pendukung kedua belah pihak bersalaman dan berpelukan menandakan tidak ada perselisihan, bahkan justru adanya kekeluargaan di antara mereka. 

Video terakhir berdurasi 30 detik, nampak H Oban sebagai cakades yang belum menang, menyampaikan pidato di depan masyarakat Desa Ancaran. 

Ia bersyukur kepada Allah SWT, yang telah memperlihatkan bahwa yang terbaik bagi Ancaran adalah cakades Mugni. 

"Saya sebagai partnernya, dari awal juga sebenarnya saya mau memberi pelajaran Demokrasi sehat kepada masyarakat, " ujar Oban disambut takbir warga. 

Sikap kedua pihak pendukung calon Kades seperti yang terjadi di Desa Ancaran ini memamg patut dicontoh oleh warga Kuningan yang lainnya. 

Wakil Bupati, M Ridho Suganda, saat monitoring pelaksanaan Pilkades, Ahad (28/11) kemarin juga mengatakan paska Pilkades agar semua masyarakat pendukung yang beda pilihan untuk bisa rekonsiliasi segera. 


"Karena niat kita semua adalah membangun Kuningan dari Desa masing-masing. Paska Pilkades ini mohon semua bisa kembali bersatu dan bersinergi, " ujarnya. 

Untuk diketahui, di Desa Ancaran, Cakades nomor urut 2, Mugni Spd, memenangkan pesta demokrasi tingkat Desa, Pilkades serentak, dengan jumlah 2.756 suara. Sementara, H Oban Kaokab, hanya bisa mengumpulkan 1.705 suara dari 6.192 jumlah pemilih yang ada di Desa Ancaran. (Nars) 


Diberdayakan oleh Blogger.