Ads Top

Open Bidding Masuk Tahapan Test Kompetensi, Sekda: Semoga Melahirkan Pejabat Visioner

Sekda Kuningan, Dr Dian Rachmat Yanuar, membuka Test Kompetensi Pejabat pada tahapan Open Bidding JPT Pratama di Kabupaten Kuningan

KUNINGAN - Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, berharap Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Open Bidding JPT Pratama) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kuningan tahun ini bisa melahirkan pejabat visioner. 


Hal itu diungkapkannya saat membuka agenda test kompetensi dalam rangka Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkup Pemerintah Kabupaten Kuningan, Jum’at (12/11/2021), bertempat di salah satu hotel yang ada di Kabupaten Kuningan.

Sekda Dian selaku Ketua Panitia Seleksi Terbuka, menerangkan, pelaksanaan seleksi terbuka ini merupakan amanat Undang-Undang No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yang dijabarkan dalam PP No 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, sebagaimana di ubah oleh PP No 17 tahun 2020.

"Dalam regulasi tersebut mengamanatkan tentang prinsip pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama secara Terbuka dan Kompetitif, " sebutnya. 

Selain pejabat visioner, melalui Open Bidding JPT Pratama ini para pejabat diharapkan punya prinsip solutif, kolaboratif dan kerja sama yang di sertai dengan keinginan untuk terus belajar dari waktu ke waktu. 

"Figur pimpinan yang ditunggu masyarakat adalah pemimpin yang bersifat pembaharu, inovatif, memahami tantangan zaman dan sekaligus mampu, cakap, kompeten dalam mengelola organisasi, " tandas Dian. 

Jika figur pemimpin ada yang seperti itu, katanya, tentu bisa memberikan dampak peningkatan kinerja pada perangkat daerah di Kabupaten Kuningan.

Untuk diketahui, pada Open Bidding JPT Pratama di lingkungan Pemkab Kuningan, yang dibuka Nopember ini, terdapat 6 posisi jabatan yang akan diisi. 

Keenam posisi tersebut adalah Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah, dan Kepala Dinas Perhubungan.

Didapatkan informasi bahwa pejabat yang ikut pendaftaran seleksi terdapat 46 pelamar dengan distribusi sebagai berikut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian 10 pelamar, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi 6 pelamar, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM  13 Pelamar, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintah, Hukum dan Politik 8 pelamar, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah 4 pelamar dan Kepala Dinas Perhubungan 5 pelamar.


“Setiap peserta diwajibkan mengajukan lamaran untuk 2 (dua) posisi Jabatan sehingga terdapat 23 (dua puluh tiga) peserta yang kami nyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti tahapan berikutnya. Proses penelaahan kelengkapan administrasi dan rekam jejak mengikuti Rencana Penilaian yang telah diketahui dan disetujui oleh KASN,” terang Sekda Dian. (Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.