Ads Top

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuningan, Wawan Setiawan, S. HUT., MT. 

KUNINGAN - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kuningan mendapat penghargaan bidang Lingkungan Hidup, Raksasa Prasada Tahun 2021, dari Gubernur Jawa Barat atas prestasi dalam penyusunan dokumen indikator kinerja pengelolaan lingkungan hidup (DIKPLHD). Prestasi ini ada di urutan kelima dari seluruh kabupaten/kota se-Jabar Barat. 

Penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuningan, Wawan Setiawan, di Aula Barat Gedung Sate, Selasa (23/11/2021). 


Selain penghargaan DIKPLHD, 8 sekolah di Kabupaten Kuningan juga mendapatkan predikat Sekolah Adiwiyata (Sekolah Berbudaya Lingkungan) atas kepedulian dan  telah melaksanakan aksi nyata terhadap lingkungan hidup. 

Satu orang kepala desa dari Kabupaten Kuningan, Kades Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, H Awam, juga dianugerahi predikat Perintis Lingkungan sebagai individu yang peduli terhadap lingkungan hidup. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuningan, Wawan Setiawan, mengatakan raihan prestasi tersebut tentu tidak terlepas dari peran serta semua masyarakat di Kabupaten Kuningan dalam meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan hidup. 

"Prestasi ini akan terus kita tingkatkan di masa yang akan datang. Berbagai program yang sedang kita susun dalam bidang penataan lingkungan hidup masih akan terus kita gelorakan di kalangan masyarakat umum maupun di lingkungan pendidikan, " paparnya. 

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada beberapa sekolah yang telah membuktikan kepedulian terhadap lingkungan sehingga mendapat prestasi sebagai Sekolah Adiwiyata. 

"Kita berharap semua sekolah bisa memiliki program kepedulian terhadap lingkungan. Sekolah yang bersih, asri, hijau, tentu membuat suasana belajar siswa akan lebih terasa nyaman, " katanya. 


Atas raihan Perintis Lingkungan yang dicapai Kades Cibuntu, Wawan juga mengapresiasinya. Ia berharap pemerintahan desa lebih gencar lagi memperhatikan kondisi lingkungan hidup di desanya. 

" Pengelolaan sampah yang sistematis, kebersihan lingkungan dan menjaga lingkungan alam adalah kewajiban kita semua. Pemdes juga kita harapkan bisa jadi pelopor kepedulian lingkungan bagi warganya, " ucap Wawan. 

Berdasarkan data peraih penghargaan di bidang lingkungan hidup yang diserahkan Gubernur Jawa Barat, Selasa (23/11) kemarin, ada 8 Sekolah di Kabupaten Kuningan mendapat predikat Sekolah Adiwiyata, seorang Kades sebagai Perintis Lingkungan Hidup dan predikat kelima bagi DLH Kuningan untuk kategori penyusunan DIKPLHD. 

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kuningan, mendapat kehormatan menjadi wakil sekolah/tingkat satuan pendidikan yang menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Gubernur Jabar secara simbolis di Gedung Sate. (Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.