Ads Top

 

Para pemilik suara di Pilkades 2021 antri untuk mencoblos 

KUNINGAN - Sejumlah 78 desa di Kabupaten Kuningan, Ahad (28/11/2021) ini menggelar agenda Pemilihan Kepala Desa secara serentak.
Dari pemantauan kuninganreligi.com di beberapa desa yang menggelar Pilkades Serentak tahun 2021, nampak antusias masyarakat sangat tinggi untuk melakukan  pencoblosan.

Tempat Pemungutan Suara (TPS) di beberapa dusun sudah dipenuhi warga sejak pukul 07:00 WIB saat TPS dibuka oleh petugas.
Warga berusia tua, muda, bahkan  ada beberapa yang membawa serta anak-anak mereka, berdatangan ke lokasi TPS.
Seperti di lokasi TPS 2 Desa Cikananga, Kecamatan Garawangi, yang berada di halaman SDN 1 Cikananga, puluhan warga dengan mengenakan masker nampak antri menunggu giliran untuk menyerahkan surat panggilan pencoblosan kepada petugas.
Setelah dipersilakan, mereka mendapat surat suara dan langsung melakukan pencoblosan di bilik suara.


Terakhir, mereka mencelupkan jari di salah satu meja ke tinta yang sudah disiapkan panitia.
Asep, petugas pendamping Desa Cikananga, mengatakan  kepada KR bahwa ada lebih dari 300 hak pilih di TPS 2 desa tersebut, yang hari ini akan melakukan  pencoblosan.
"Antusiasme warga memang terlihat tinggi, Mudah-mudahan ini menunjukkan tingkat partisipasi pemilih, " ucapnya.
Terpantau, suasana kekeluargaan warga di lokasi TPS sangat nampak hangat. Mereka saling bersalaman saat bertemu, layaknya Hari Raya.
"Iya serasa lebaran. Banyak juga warga yang merantau pulang kampung sengaja untuk ikut Pilkades ini, " ujar Sobur, warga lainnya.

Di tengah-tengah warga banyak juga para pedagang mainan anak-anak dan kuliner jalanan yang ikut meramaikan lokasi TPS.
Mereka mencoba meraih rupiah dari keramaian yang tercipta saat Pilkades berlangsung.
Terpisah, Kabid Pemdes, DPMD Kuningan, Akhmad Faruk, saat dihubungi KR mengaku pelaksanaan Pilkades di 78 desa se Kabupaten Kuningan sudah siap digelar.
Selain tingkat partisipasi tinggi, Faruk juga berharap dari pelaksanaan Pilkades Serentak ini bisa berjalan aman dan lancar.
"Bagi warga yang ingin mengetahui hasil perhitungan suara Pilkades dari 78 desa bisa mengakses halaman web yang sudah kita persiapkan bersama para relawan, " ujarnya.
Halaman website yang bisa diakses tersebut adalah https://pilkadesonline.web.id/. Perhitungan suara di web tersebut akan dimulai pukul 14:00 WIB hingga malam hari.
"Namun untuk resminya, nanti melalui pengumuman khusus. Web tersebut hanyalah untuk perolehan suara laporan dari para relawan di lapangan, " katanya. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.