Ads Top

Resmikan Pom Desa dan Desa Wisata di Kuningan, Wamen Desa PDTT Budi Arie: Semoga Jadi Awal Cerita Sukses

Wabup Kuningan, M Ridho Suganda bersama Wamen Desa PDTT, Budi Arie, resmikan Pom Desa Cineumbeuy, Kecamatan Lebakwangi

KUNINGAN - Wakil Menteri (Wamen) Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Budi Arie Setiadi, berkunjung ke Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Selasa (9/11/2021). Dalam kunjungannya, Budi Arie meresmikan dua program pemerintahan desa yakni Pom Desa dan Desa Wisata. 

Setelah bertemu dengan Bupati Kuningan, Acep Purnama, di Pendopo Pemkab Kuningan, Budi bertolak ke Desa Cineumbeuy, Kecamatan Lebakwangi untuk meresmikan Pom (tempat penjualan bahan bakar minyak) yang dikelola BUMDES setempat. 


Peresmian Pom Desa (BUMDes) ditandai simbolis dengan penekanan tombol sirine kemudian di lanjut dengan penandatangan prasasti dan pengguntingan pita. 

"Semoga pom desa ini bisa menjadi pelopor, menjadi inspirasi buat desa-desa lain di seluruh Indonesia dalam pengadaan bahan bakar minyak khususnya bensin dan solar untuk masyarakatnya," ujar Wamen Desa PDTT Budi Arie. 

Selain untuk pemenuhan kebutuhan BBM bagi masyarakat, Pom Desa ini juga diharapkan bisa menambah pendapatan asli Desa melalui pemberdayaan BUMDES-nya. 

"Mudah-mudahan bisa jadi contoh bagi desa-desa lainnya di seluruh Indonesia, " kata Wamen. 

Ia berharap mudah-mudahan peresmian Pom Desa ini menjadi cerita yang sukses dan cerita sukses itu harus dimulai hari yang bisa ditularkan ke seluruh desa di Indonesia. 

Selain meresmikan Pom Desa di Desa Cineumbeuy, Wamen Budi Arie juga mengunjungi Desa Wisata Sakerta Timur, Kecamatan Darma. 

Di Sakerta Timur, Wamen mengatakan, pengembangan desa wisata merupakan realisasi dari janji Presiden Joko Widodo untuk dapat meningkatkan perekonomian di desa. 

"Desa wisata akan menjadi salah satu penopang bagi pembangunan desa berkelanjutan. Janji Pak Presiden adalah mengembangkan desa digital dan desa wisata. Desa wisata harus didorong terus menerus,” ujarnya.

Kementerian Desa PDTT bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan sejumlah kementerian/lembaga terkait, terus melakukan koordinasi dalam mendorong pengembangan desa wisata dan kreatif.

"Keberhasilan pengembangan desa wisata tidak lepas dari peran aktif anak-anak muda di desa. Untuk itu, desa agar menggandeng para pemudanya untuk membantu proses pembangunan, " ungkap Budi. 


Terpisah, Bupati Kuningan, Acep Purnama menanggapi kedatangan Wamen Desa PDTT, Budi Arie Setiadi sebagai satu kehormatan dan kebanggan bagi masyarakat dan pemerintah Kabupaten Kuningan.

Sebelumnya, kepada Wamen Budi Arie , Bupati mengenalkan wilayah dan potensi-potensi luar biasa yang dimiliki oleh Kabupaten Kuningan.

Dalam jamuan yang juga dihadiri Wabup M Ridho Suganda, Sekda Dian Rachmat Yanuar dan Asda Nurahim ini, membahas berbagai topik dan program pembangunan untuk memajukan Kabupaten Kuningan.(Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.