Ads Top

Rumah Baca Inspirasiku Dibantu Peralatan Belajar dari MNC Peduli

Rumah Baca Inspirasiku, Kelurahan Cigugur, Kun mendapatkan bantuan dari MNC Peduli

KUNINGAN - Rumah Baca Inspirasiku yang berlokasi di Lingkungan Pahing Kelurahan/Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, mendapat sumbangan peralatan sarana belajar dan buku bacaan dari program MNC Peduli


Bantuan diserahkan oleh Tim MNC Peduli kepada pendiri Rumah Baca Inspirasiku Kabupaten Kuningan, Ustad Abdul Rozaq, Sabtu (13/11/2021). 


Ikut menyaksikan penyerahan bantuan tersebut, Kepala Kelurahan Cigugur, Ebo, S. Sos. dan sejumlah tokoh masyarakat setempat. 


Dalam program yang memiliki tagnile #GenerasiCerdasAnakBangsa ini, MNC Peduli memberikan bantuan berupa mattas /alas duduk untuk belajar, meja lipat, rak buku, pensil warna, buku gambar, buku mewarnai dan buku-buku cerita anak untuk media pembelajaran di rumah baca tersebut. 


Kepala Kelurahan Cigugur, Ebo, S. Sos. mengaku mengapresiasi pendiri rumah baca Inspirasiku yang telah peduli terhadap pendidikan anak bangsa. 



"Pendidikan terutama membaca perlu ditanamkan sejak dini. Karena dengan membaca akan menambah wawasan sehingga anak akan tahu dunia, " kata Ebo. 


Selain itu, dengan pembelajaran membaca, anak akan mendapatkan informasi positif bagi kehidupan mereka. Dengan informasi baik ini, anak akan terhindar dari hal-hal yang menyimpang. 


"Dengan bekal pendidikan sejak dini ini, anak -anak kita akan bisa menjaga diri dan menyaring informasi mana yang baik dan tidak baik bagi mereka, " ujarnya. 


Sementara, pendiri Rumah Baca Inspirasiku, Abdul Rozaq, mengaku pihaknya mengawali pendirian rumah baca ini dari semangat untuk membantu pembelajaran membaca bagi anak-anak sejak usia dini. 

Sebagai seorang guru, Rozaq melihat pembelajaran membaca di sekolah belum sepenuhnya meningkatkan minat baca pada anak. Apalagi di tengah kesibukan memenuhi kebutuhan ekonomi rumah tangga, para orang tua terkadang kurang memperhatikan standar kemampuan membaca anak-anak mereka. 


"Maka, sejak tahun 2015, kami terus mengumpulkan buku-buku bacaan dari orang-orang yang peduli dan mendirikan rumah baca Inspirasiku ini, " ungkap Rozaq. 


Dengan hadirnya program #GenerasiCerdasAnakBangsa dari MNC Peduli, pihaknya merasa terbantu dan lebih semangat lagi untuk mengembangkan Rumah Baca Inspirasiku ini. 


"Apalagi saat ini, jumlah anak yang rutin belajar di Rumah Baca Inspirasiku ini ada sekira 90 anak. Maka kami pun membagi kelompok belajar dalam tiga waktu, yakni pagi, siang dan malam, " terangnya. 


Hingga saat ini anak-anak yang belajar di rumah baca yang memiliki slogan "Membaca Buku Kuasai Dunia" Ini berasal dari warga sekitar, bahkan ada yang datang dari luar wilayah Kecamatan Cigugur. 


"Semoga dengan adanya bantuan peralatan dan sarana belajar dari MNC Peduli ini akan menambah betah anak-anak untuk belajar di sini, " ujarnya. 


Terpisah, seperti dilansir MNCpeduli.org, Ketua MNC Peduli, Jessica Tanoesoedibjo mengatakan, program #GenerasiCerdasAnakBangsa ini merupakan satu upaya MNC Peduli untuk mendongkrak minat baca anak Indonesia. 


"Semoga dengan adanya fasilitas rumah baca yang nyaman, anak-anak semakin semangat untuk membaca," katanya. 


Jessica menyebutkan budaya membaca sejak dini dapat memberikan dampak positif bagi anak.

"Membaca membuat anak akan lebih kaya informasi dan ilmu bahkan dapat memberi berbagai macam perspektif baru, sehingga membantu anak dalam berpikir lebih luas dan membentukan karakter lebih baik, " ungkapnya. (Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.