Ads Top

Trend Pasta Gigi atau Odol Bisa Obati Jerawat, Benarkah?

Ilustrasi

KESEHATAN - Jika kita dengar kata 'jerawat' tentu bagi sebagian banyak orang sudah tahu apa itu jerawat. Dalam benak kita, jerawat adalah sebentuk benjolan kecil (bisul yang sangat kecil), namun sering membuat orang yang wajahnya 'dihinggapi' jerawat, sangat mengesalkan.

Betapa tidak, si bisul kecil ini, selain 'mengganggu pemandangan' wajah kita, terkadang dirasakan gatal dan panas. Kebanyakan orang pasti gemes melihat jerawat tumbuh di wajahnya, dan ingin cepat-cepat menghilangkannya.
Apalagi bagi kalangan muda-mudi yang baru masuk masa pubertas, jerawat sering jadi sesuatu hal yang menakutkan dan menghantui. Tak jarang para remaja putri, merasa minder jika wajah mereka dihinggapi Si Jerawat ini.

Akhirnya berbagai cara pun dilakukan untuk mengusir jerawat ini dari wajah. Upaya tersebut, diantaranya adalah dengan mengoleskan krim, salep, datang ke spesialis perawatan kulit, bahkan mengoleskan bahan-bahan apa pun yang dipercayai bisa memusnahkan bintik merah ini dari wajah.
Tak jarang untuk menempuh langkah singkat, banyak remaja memijitnya langsung agar 'mata' jerawat bisa segera keluar. Padahal hal ini bukanlah solusi, terkadang bukan jerawat yang hilang, tapi malah merusak kulit wajah.
Pasta Gigi dipercaya bisa usir jerawat
Akhir-akhir ini, sedang trend di kalangan muda-mudi dan kaum hawa, bahwa pasta gigi bisa menghilangkan jerawat dengan cepat. Nanti dulu, sebelum kita ikut-ikutan trend ini, ada baiknya kita buka-buka dulu referensi, atau tanya-tanya ke ahli kesehatan kulit, apakah benar pasta gigi bisa musnahkan jerawat?
Dilansir dari laman alodokter.com, disebutkan bahwa mengoleskan pasta gigi yang dipercaya bisa membuat jerawat cepat kering, banyak dilakukan masyarakat akhir-akhir ini.
Pasta gigi, dengan bahan aktif yang terkandung di dalamnya, dipercaya bisa membunuh bakteri penyebab jerawat dan mempercepat kempisnya jerawat.
Apakah benar? Berikut pembahasannya, menurut laman alodokter.com tersebut.
Triclosan, salah satu bahan aktif yang ada dalam pasta gigi, boleh jadi memiliki efek antiseptik yang bisa membunuh bakteri atau kuman.
Namun ternyata  berdasarkan hasil riset, triclosan ini tak banyak berpengaruh untuk jadi bahan aktif pembunuh bakteri penyebab jerawat. Waduh, berarti anggapan yang sedang trend bahwa pasta gigi bisa membunuh bakteri penyebab jerawat terbantahkan sudah.
Ada lagi yang berpendapat, bahan lain yang ada pada pasta gigi, yakni baking soda, alkohol dan hidrogen peroksida, katanya mampu mengeringkan jerawat.
Memang sih, jerawat bisa kering, tapi jangan salah, dengan mengoleskan pasta gigi, yang mengandung ketiga bahan tersebut, ke wajah, malah akan menyebabkan kulit menjadi kering dan mudah iritasi.
Bahan lainnya yang ada pada pasta gigi, yang juga sebenarnya tak efektif memusnahkan  jerawat, adalah sodium lauryl sulfate (SLS). Sebelumnya, pada trend pasta gigi hilangkan jerawat ini, SLS dipercaya bisa mempercepat hilangnya jerawat.
Namun, menurut para ahli kesehatan kulit, bahan SLS ini malah akan menimbulkan luka bakar pada kulit, hingga memicu dermatitus kontak, begitu sob!

Jadi, setelah kita baca uraian di atas, apakah pasta gigi efektif atasi jerawat yang bandel? Jawabannya adalah tidak.
Masih berdasarkan artikel yang ditulis alodokter.com, disarankan agar efektif dan aman untuk menghilangkan jerawat adalah dengan mengoleskan produk perawatan kulit yang telah teruji.
Produk perawatan kulit ini akan efektif hilangkan jerawat adalah produk yang mengandung benzoil peroksida, asam Salisilat, asam glikolat atau asam laktat. Beberapa bahan tersebut: menurut para ahli bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Bahkan bisa langsung mengurangi pembengkakan dan malah bisa mempercepat proses penyembuhan kulit paska kena jerawat.

Upaya Pencegahan Agar Jerawat malas hinggap di wajah kita

Selain melakukan pengobatan, agar wajah atau kulit kita tak dihinggapi jerawat adalah dengan menjalankan pola hidup bersih sehat.
Terlaksananya PHBS ini salah satunya dengan mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga rutin dan selalu menjaga kebersihan kulit.
Selain itu dengan cukup istirahat dan manajemen stres yang baik dikatakan para ahli kesehatan bisa mencegah munculnya jerawat.
Jadi, apakah kamu masih percaya jika pasta gigi bisa obati jerawat?
(Nars, sumber:alodokter) 

Diberdayakan oleh Blogger.