Ads Top

Vaksinasi Kedua di Lingkungan Cigembang Sukses Digelar


KUNINGAN - Setelah sukses menggelar vaksinasi COVID-19 dosis pertama di akhir Bulan September lalu, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) DPD Kuningan akhirnya selesai menggelar vaksinasi dosis kedua, pada Senin (01/11). 

Kegiatan vaksinasi berlangsung di halaman Masjid Ash Shobur, Gang Perhutani, Kelurahan Purwawinangun. 

Dalam aksi sosialnya tersebut, DPD LDII Kabupaten Kuningan menggandeng LSM Senkom Mitra Polri sebagai panitia pelaksana. 

"Untuk tenaga kesehatan kita mendapatkan bantuan dari Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Lamepayung Kecamatan Kuningan, " terang Ketua DPD LDII Kuningan, K Sutardjo. 


Sejalan seperti vaksinasi dosis pertama, pada vaksinasi dosis kedua ini panitia menyediakan sejumlah 500 dosis vaksin jenis Sinovac. 

"Tadi dalam daftar registrasi peserta vaksinasi ada 466 peserta, namun yang mendapat suntikan vaksin dosis kedua ini fix-nya ada 410 peserta, " jelas K Ojo, sapaannya. 

Untuk peserta vaksinasi yang digelar dengan tema "LDII untuk Bangsa" ini, Ia menambahkan, adalah dari Jamaah LDII DPD Kuningan dan warga Lingkungan Cigembang Kelurahan Purwawinangun. 

"Alhamdulillah ini bisa berjalan lancar. LDII berkomitmen untuk membantu Pemerintah Kabupaten Kuningan agar terwujud masyarakat yang sehat, " terangnya. 

Terpisah, Bupati Kuningan yang sempat hadir dalam pelaksanaan vaksinasi dosis pertama di lingkungan tersebut memberikan keterangan kepada KR bahwa hingga akhir Oktober 2021, diinformasikan tidak ada seorang pun warga yang tinggal di Kabupaten Kuningan terpapar Covid-19, alias Kabupaten Kuningan saat ini Zero/Nihil kasus COVID-19. 

"Alhamdulillah, penanganan kasus Covid19 di Kuningan hingga sekarang berhasil mencapai titik nol kasus alias zero, "  ujar Bupati Acep. 

Ia pun menambahkan, bukti tidak adanya kasus COVID-19 di Kabupaten Kuningan adalah dari data yang tercatat oleh Satgas COVID-19 Kabupaten Kuningan. Juga, dengan melihat kondisi sejumlah fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit yang ada dan lokasi pusat darurat penanganan Covid-19 di Aula BKPSDM Kuningan. 

Sementara itu, Kadinkes Kuningan, dr Susi Lusiyanti mengatakan untuk mencapai kondisi Herd Immunity COVID-19 di wilayahnya, Dinkes Kuningan terus menggencarkan Vaksinasi COVID-19. 

Vaksinasi ini menurutnya adalah salah satu upaya atau ikhtiar dalam meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh warga Kabupaten dari paparan COVID-19. 

Ditanya soal capaian vaksinasi, hingga pekan keempat Oktober 2021 ini, Susi mengatakan, pihaknya telah menyuntikkan sebanyak lebih dari 600 ribu dosis Vajdin. 

Jenis vaksin covid-19 yang diberikan bagi warga Kuningan, disebutkan Susi, ada dua jenis yakni Sinovac dan Astrazeneca.


"Ya, untuk jumlahnya, saat ini telah mencapai lebih dari 600 ribu dosis (vaksin). Sementara untuk persentasenya, kita telah mencapai 50 persen lebih, " ungkap Susi. 

Sementara itu, untuk vaksinasi sasaran warga lanjut usia, Kadinkes mengakui baru mencapai 30 persen dari target 40 persen. 

"Namun untuk pelaksanaan vaksinasi selanjutnya stok vaksin kita sudah aman. Ada sekira 60 ribuan dosis yang masih kita miliki, " sebutnya.

 (Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.