Ads Top

Warga Laporkan Penampakan Macan Tutul di Hutan Dekat TPSA Ciniru

Penampakan Seekor Macan Tutul yang dikabarkan berada di hutan sekitar Desa Ciniru Kecamatan Jalaksana pada Kamis (18/11) 

KUNINGAN - Warga Desa Ciniru, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, dikabarkan melihat penampakan seekor Macan Tutul Jawa (Panthera pardus melas) di sekitar hutan dekat Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) desa setempat. 


Penampakan macan khas Pulau Jawa dan satwa identitas Jawa Barat ini, menurut informasi, terlihat pada Kamis (18/11/2021) kemarin sekira pukul 13:00 WIB.

Laporan terlihatnya satwa liar dan dilindungi ini diterima oleh pihak UPT Damkar Satpol PP Kuningan pada Jum'at (19/11) malam.

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kuningan, M Khadafi Mufti, mengaku mendapat laporan penampakkan Macan Tutul ini dari seorang petugas TPSA Ciniru, Dinas Lingkungan Hidup Kuningan, atas nama Nana.

"Iya laporan kami Terima sekira pukul 19:18 WIB tadi. Laporan ini kemudian kami teruskan dan koordinasikan ke pihak Perum Perhutani serta BKSDA Cirebon sebagai bahan tindak lanjut, " terang Khadafi.

Pihaknya melakukan koordinasi ini karena dikhawatirkan Macan Tutul itu benar ada di sekitar hutan yang dekat dengan pemukiman warga.

"Khawatir hewan tersebut bisa menyerang warga atau malah dibunuh warga karena Macan Tutul ini termasuk hewan dilindungi, " Imbuhnya.

Sementara, dari komunikasi antara pihak Damkar dengan pelapor yang merupakan salah satu Kasi di Dinas LH Kuningan ini, didapatkan keterangan bahwa warga sekitar TPSA Ciniru sedang memastikan dan mencari keberadaan satwa tersebut.

Terpisah, petugas BKSDA Cirebon, Tata, saat dihubungi pihak Damkar Kuningan juga akan segera mencari tahu kebenaran informasi tersebut. 

Dari video yang dilampirkan dalam laporan penampakkan Macan Tutul ini, nampak sosok kucing besar yang menempati puncak rantai makanan di Gunung Ciremai tersebut sedang berada di atas dahan pohon. 


Nampak macan tutul berukuran lumayan besar ini seperti ketakutan saat dicoba diusir warga yang ada di bawahnya. Dengan mata melihat ke arah kamrea yang merekam kejadian itu, Sang Macan sesekali mengaum dan posisi badan seperti siaga akan meloncat. 

Hingga berita ini diturunkan, belum ada kelanjutan keterangan terkait munculnya Macan Tutul ini, baik dari warga setempat maupun dari petugas terkait. 

(Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.