Ads Top

70 Perangkat Desa se-Kuningan Ikuti Silatda PPDI Jabaraya, Ajukan 3 Tuntutan pada Gubernur

Perwakilan anggota PPDI se-Kuningan berangkat ke Bandung, Ahad (05/12) malam untuk ikuti SILATDA PPDI Jabaraya

KUNINGAN - Sejumlah 70 orang pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) dari 32 kecamatan se-Kabupaten Kuningan, Ahad (05/12/2021) diberangkatkan dari Taman Kota Kuningan untuk menghadiri agenda Silaturahmi Daerah (SILATDA) PPDI Jabaraya. 

Agenda SILATDA pengurus PPDI wilayah Pasundan ini rencananya akan digelar di Gedung Sate Bandung,  Senin (06/12) besok. 


Ketua PPDI Kabupaten Kuningan, Surhani SSos, kepada kuninganreligi.com, Ahad malam mengatakan  bahwa dalam SILATDA tersebut para pengurus PPDI akan bertemu dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. 

"Kepada Gubernur kita akan menyampaikan tuntutan agar bisa memberikan pembinaan bagi para Kades, apalagi Kades yang baru terpilih dalam Pilkades Serentak kemarin, agar tahu regulasi terkait pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa, " ujar Surhani. 

Karena, menurutnya, tidak jarang para Kades yang terpilih paska Pilkades Serentak seenaknya memberhentikan secara sepihak perangkat desa yang dinilainya berseberangan dengan Kades. 

Ketua PPDI Kuningan, Surhani, SSos. 

"Jabatan perangkat desa kan bukan seperti kabinet di kepresidenan yang bisa dengan mudah dirombak seenaknya, " ungkapnya. 

Selain tuntutan itu, dalam SILATDA besok, PPDI juga akan meminta Gubernur bisa meningkatkan tambahan tunjangan bagi para perangkat desa yang bersumber dari keuangan provinsi. 

"Kemudian kita juga mendorong agar Gubernur bisa berkomunikasi dengan Kemendagri untuk bisa segera menerbitkan Permendagri terkait pemberian Nomor Induk Aparatur Pemerintah Desa, yakni perangkat dan kepala desa, " paparnya. 


Terpantau, para pengurus PPDI se-Kuningan ini berangkat Ahad malam dan diperkirakan bisa ikut ambil bagian dalam SILATDA yang rencananya akan dimulai pukul 09:00 WIB besok. 

"Kita hanya mengikutsertakan 70 perwakilan pengurus dari tiap kecamatan, mengingat adanya batasan peserta karena situasi PPKM di Jawa Barat, " kata Surhani. 


Pihaknya berharap agar dari hasil SILATDA besok, Pemprov Jabar bisa segera merealisasikan tuntutan PPDI, terutama terkait pembinaan pada para Kades paska Pilkades Serentak, Kenaikan Tunjangan perangkat desa dan Terbitnya Permendagri soal Nomor Induk Aparatur Perangkat Desa. 

"Semoga besok acaranya lancar dan kita bisa kembali ke Kuningan dengan selamat dan sehat. Dan juga membawa hasil yang diharapkan, " pungkasnya.(Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.