Ads Top

Gol Ikhsan Fandi untuk Singapura imbangkan kedudukan 1-1 di Semifinal leg pertama Piala AFF

PIALA AFF - Gol Witan Sulaiman untuk Timnas Indonesia di babak pertama Semifinal Piala AFF melawan Singapura harus puas dibalas di babak kedua. Anak asuh Shin Tae-yong ini sedikit lengah di dua puluh menit terakhir pertandingan. 

Gol penyeimbang dari Timnas Singapura disarangkan penyerang nomor punggung 9, Ikhsan Fandi yang berhasil memperdayai lini belakang Skuat Garuda di menit ke 70.

Di awal babak kedua, tiga pemain masuk (2 dari Timnas Indonesia dan 1 dari Singapura). 

Dari Skuat Garuda, penyerang Ezra Walian masuk menggantikan Dedik Setiawan dan Elkan Baggott mengganti Rizky Ridho. 

Sementara di kubu lawan, Anumanthan Kumar masuk menggantikan Zulfahmi Arifin. 

Masuknya pemain baru sempat membuat Singapura kewalahan. Nampak para pemain asuhan Tatsuma Yoshida ini agak sedikit bertahan. 

Pada menit ke 53, tendangan sudut dari Singapura sempat membahayakan gawang Nadeo Argawinata. 

Serangan demi serangan terus digencarkan Skuat Garuda. Bahkan sempat 7 pemain belakang Singapura dipasang di kotak penalti mengawal 3 penyerang Timnas Indonesia. 

Umpan-umpan panjang dari belakang daerah Skuat Garuda dilancarkan ke dekat kotak penalti dan diteruskan dengan tik-tak tiga penyerang Indonesia. Namun hingga menit ke 70 tak tercipta lagi golgol,  meski Evan Dimas masuk di menit ke 66 menggantikan Rachmat Irianto. 

Sayang, di menit ke 70, penyerang Singapura Ikhsan Fandi berhasil memperdaya tiga pemain belakang Skuat Garuda. Fandi dengan gagah berhasil melesakkan Si Kulit Bundar ke jaring yang dijaga Nadeo Argawinata. Skor 1-1 akhirnya terjadi. 

Sejak skor imbang, kedua kubu nampak curi-curi pandang. Skuat Garuda tak lagi bermain seperti sediakala. Ritme jadi berubah, bola selalu dikuasai Singapura. 

Pelatih asal Jepang yang membina Timnas Singapura lantas menetapkan strategi jebakan-jebakan pelanggaran. Banyak pemain Singapura terjatuh walau tidak dilanggar keras. 

Peluang terakhir Indonesia terjadi di menit ke 77 saat pelanggaran terjadi hampir di dalam kotak penalti Singapura. Sayangnya, Evan Dimas tidak berhasil memanfaatkan  tendangan bebas yang diberikan wasit. 

Skor 1-1 tidak berubah hingga pluit panjang dibunyikan. 

Dengan skor ini, kedua tim masih berpeluang maju ke babak Final Piala AFF. Pertandingan leg kedua antara Indonesia vs Singapura akan dilangsungkan Sabtu (25/12) nanti. Dengan agregat gol 1-1 ini Indonesia masih berpeluang maju ke babak Final Piala AFF. 

Sementara di leg semifinal lainnya, Vietnam akan berhadapan dengan Thailand, Kamis (23/12) besok di leg pertama. Dan leg kedua Thailand vs Vietnam akan berlangsung Ahad (26/12) nanti. (Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.