Ads Top

Hasil Akhir Indonesia vs Vietnam, Skuad Garuda Bertahan Hingga Akhir, Skor Kacamata

Indonesia tetap di puncak klasemen Grup B Piala  AFF setelah tahan imbang Vietnam (vidio.com) 

PIALA AFF SUZUKI - Skor Kacamata bertahan hingga akhir pertandingan Indonesia vs Vietnam dalam laga penyisihan Grup B Piala AFF 2020 yang berlangsung di Bishan Stadium, Singapura, Rabu (15/12) malam. 


Kedua kesebelasan yang berebut posisi puncak klasemen Grup B ini nampak bermain garang. Keduanya juga melakukan pergantian pemain dalam jumlah sama, 5 kali di posisi yang sama, menandakan keduanya tidak mau kecolongan. 

Tim asuhan Shin Tae-yong, berupaya menggempur pertahanan Vietnam sejak awal pertandingan. Namun penguasaan bola nampak masih didominasi Vietnam. 

Dua kartu kuning yang didapat Timnas Indonesia, A Dewangga (menit 20) dan A Bahar (menit 30) di babak pertama membuat anak asuhan pelatih asal Korea Selatan ini berhati-hati di babak kedua. 

Baca Juga

Timnas Indonesia vs Vietnam Malam Ini, Pelatih: Skuad Garuda Siap Beri yang Terbaik

Pergantian pemain dimulai saat babak kedua, Vietnam pertama kali melakukannya. Penyerang bernomor punggung 22, TL Nguyen masuk menggantikan Nguyen Cong Puon, penyerang nomor punggung 10.

Di menit yang sama (46) Indonesia juga memasukkan Evan Dimas (#6) menggantikan R Irianto (13). Hanya berselang 3 menit Evan Dimas langsung mendapat kartu kuning. 

Kartu kuning juga diberikan wasit ke pemain bertahan Vietnam, T Bui di menit ke 61.

Menerapkan strategi menyerang, Vietnam mengganti gelandang Nguyễn Tuấn Anh di menit ke 65, penyerang Ha Duc Chinh masuk. 

Baca juga

Bermain Tanpa Gol Babak Pertama, Vietnam Dominasi Bola dari Indonesia

Gempuran demi gempuran terus dilakukan Vietnam, sehingga pelatih Shin Tae-yong harus melayani mereka. Akhirnya di menit ke 70 dan 74, Indonesia juga memasukkan 2 pemain penyerang dan gelandang. R Febrianto dan R Rumakiek masuk menggantikan pemain bertahan A Bahar, dan Gelandang I Jaya. 

Indonesia terus berupaya mencetak gol, namun tetap lapangan dikuasai Vietnam. Agar memecah kebuntuan, satu penyerang lagi dimasukkan Tae-yong di menit ke 79, Y Malaifani masuk menggantikan W Sulaiman. 

Melihat itu, Vietnam langsung memperkuat pertahanan di belakang dan tengahnya. 

Menit ke 80, Vietnam mengganti dua pemain. Pemain penyerang Phan Văn Đức diganti gelandang Lương Xuân Trường. Dan pemain bertahan TC Nguyen yang sudah nampak kelelahan diganti Đỗ Duy Mạnh. 

Sepuluh menit jelang pluit panjang, Vietnam terus mencoba mendobrak pertahanan Indonesia, satu pemain penyerang dimasukkan lagi di menit ke 88, Nguyễn Văn Toàn masuk mengganti Nguyễn Quang Hải. 

Penyerang Indonesia, Y Malaifani mendapat kartu kuning di menit ke 88.

Hingga akhir pertandingan, kedua kubu belum bisa menjaringkan Si Kulit Bundar ke jaring lawan. 

Hingga menit-menit akhir injury tine para Ponggawa Garuda terus semangat mempertahankan posisinya masing-masing agar tidak kecolongan Tim Vietnam. 

Dengan skor kacamata ini, kedua tim hanya bisa memetik 1 poin. Sehingga Indonesia tetap di puncak klasemen dengan 7 point dari 4 kali bertanding. Vietnam di posisi kedua, selisih 2 gol dari Indonesia dengan poin sama 7.

Tim Malaysia yang masih menyisakan 2 pertandingan membayangi posisi Indonesia. Jika Malaysia bisa mengalahkan Indonesia di pertandingan selanjutnya, maka mereka akan merebut posisi Juara Grup B. 


Tim Vietnam juga masih bisa menjuarai Grup B ini jika Indonesia kalah melawan Malaysia, dan Vietnam menang melawan Kamboja yang akan bertanding Minggu (19) 12) lusa. 

Sementara di Grup A, Thailand masih bercokol di puncak klasemen dengan 9 poin dibayangi Singapura dengan poin sama, hanya selisih atu gol. (Nars) 


Diberdayakan oleh Blogger.