Ads Top

77 Kades baru dilantik Bupati Kuningan di Pendopo, Selasa (28/12) 

KUNINGAN - Bupati Kuningan, H Acep Purnama, secara resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan 77 orang kepala desa hasil pemilihan serentak yang dilaksanakan 28 Nopember lalu. Pelantikan digelar di Aula Pendopo Bupati, Kompleks Setda Kuningan, Jalan Raya Siliwangi, Selasa (28/12). 


Dari 78 kepala desa terpilih, satu Kades batal dilantik, yakni atas nama Oban Sobari, Kades terpilih di Desa Babakan mulya, Kecamatan Cigugur, karena meninggal dunia. 

"Kami sebelum pelantikan tadi mengajak semua hadirin untuk mendoakan Almarhum Pak Oban ini agar diampuni segala khilaf dan dosanya, serta ditempatkan di tempat terbaik oleh Allah SWT di Alam Barzah, " ungkap Acep usai agenda pelantikan. 

Ia juga mengucapkan penghargaan setinggi-tingginya kepada Almarhum atas semua jasa dan pengabdian Almarhum dalam membangun Desa Babakanmulya. 

"Ucapan penghargaan juga untuk para kades demisioner dan yang belum mendapatkan kesempatan terpilih kembali. Semoga pengabdiannya menjadi ladang pahala untuk mereka, " kata Bupati. 

Kepada para Kades yang baru dilantik, selain mengucapkan selamat, Acep berpesan agar segera melakukan konsolidasi dengan para perangkat desa untuk memulai kinerja membangun desa. 

"Mohon jangan ada pemberhentian perangkat yang tidak berdasar. Jangan hanya karena beda pilihan saat Pilkades ada perangkat yang diberhentikan, " ucapnya. 



Acep juga meminta para Kades dan masyarakat desa paska Pilkades ini agar segera melakukan  rekonsiliasi, untuk kembali merajut persatuan agar semua program desa bisa terlaksana dengan lancar dan baik. 

"Saya titipkan tiga hal untuk dijadikan fokus program para Kades. Pertama adalah tentang pengelolaan sampah yang baik di desa, " tandas Acep. 

Selanjutnya Pemdes agar segera membuat program pengentasan stunting dengan kolaborasi dan koordinasi bersama pemerintah daerah dan semua komponen. 

"Yang ketiga, Saya titipkan terkait program pendidikan. Wajib belajar bagi anak-anak kita harus dituntaskan. Jangan ada lagi anak putus sekolah gara-gara tidak tersentuh perhatian pemerintah setempat, " kata Acep. 

Bupati juga menekankan agar para Kades bisa meningkatkan konsolidasi bersama masyarakat dan aparat desa untuk memperhatikan kondisi sosial masyarakat di desanya. 


"Aktifkan kembali peran RT, RW dan masyarakat untuk melihat kondisi sosial di sekeliling kita. Jangan sampai keduluan oleh berita, baru kita tahu, " sebutnya. 

Pelantikan 77 Kades ini dihadiri juga oleh Wabup Kuningan, unsur Forkopimda, dan pejabat undangan lainnya. Usai pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, para Kades berfoto bersama dan beramah tamah. (Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.