Ads Top

Lolos ke Semi-final Piala AFF, Indonesia Cukur Malaysia 4-1, Rabu (22/12) Lusa Berhadapan dengan Singapura

Timnas Indonesia lolos ke Semifinal Piala AFF setelah kalahkan Malaysia 4-1, Ahad (19/12) 

Piala AFF - Perjuangan Skuat Garuda di Piala AFF Suzuki menundukkan Timnas Malaysia di babak kualifikasi Grup B, Ahad (19/12) malam membuahkan hasil. Walaupun sempat kecolongan 1 gol di awal babak pertama, Timnas Indonesia berhasil membalas dengan 4 gol hingga akhir babak kedua. 


Bertanding 2 x 45 menit tanpa kenal lelah, anak asuhan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong ini berhasil menyuguhkan tontonan yang membanggakan warga NKRI. 

Dua gol di babak pertama dicetak Irfan Jaya masing-masing pada menit ke 36 dan 43. Irfan nampak bermain cantik dengan kecerdasannya dalam pemanfaatan peluang di dekat kotak penalti Harimau Malaysia. 

Gol pemain Malaysia di menit ke 13 babak pertama dari Kogileswaran Raj terbalaskan dua kali lipat hingga turun minum. Skor 2-1 untuk Timnas Indonesia di babak pertama. 

Masuk babak kedua, Pelatih Shi Tae-yong terus memberikan semangat para Skuat Garuda Muda. Memasukkan Elkan William Tio Baggot atau lebih dikenal dengan Elkan Baggot, Skuat Garuda nampak lebih gagah di babak kedua. 

Baca Juga:



Baggot masuk di menit ke 46 menggantikan gelandang Indonesia nomor punggung 20, Ramai Rumakiek yang mendapat kartu kuning di babak pertama. 

Malaysia pun ikut mengganti pemain di menit ke 46 babak kedua ini. Pemain bertahan T Dominic dimasukkan mengganti gelandang Malaysia, Muhammmad Safawi. Dominic diharapkan pelatih Nelo Vigada untuk memperkuat lini belakang Harimau Negeri Jiran. 

Empat menit setelah pergantian pemain, menit ke 50 babak kedua Indonesia vs Malaysia ini, Irfan Jaya berhasil membuat umpan matang yang diselesaikan bek kiri Pratama Arhan ke sarang penjaga gawang Malaysia Khairul Fahmi. 

Fahmi terpaksa harus memungut Si Kulit Bundar untuk ketiga kalinya dalam pertandingan yang digelar di National stadium, Singapura, Ahad malam. 

Indonesia sempat mendapat kartu kuning kedua di menit ke 53, kartu deberikan kepada Ezra Walian. 

Guna mempertajam serangan ke kubu Garuda Muda, Malaysia mengganti pemain pencetak gol babak pertama Kogileswaran Raj. Ia diganti penyerang Guilherme De Paula Lucrecio. 

Gelandang M Akhyar juga dimasukkan  pelatih Nelo Vigada untuk memperkuat lini depan Malaysia menggantikan AA Hanapi. Pergantian pemain dilakukan di menit ke 60.

Indonesia pun mengutak-atik strategi agar serangan demi serangan bisa lebih tajam. Kushedya Yudo dimasukkan di menit ke 64 menggantikan Ezra Walian. 

Evan Dimas juga masuk di menit ke 76 menggantikan R Irianto. 

Melihat strategi Shin Tae-yong, Nelo Vigada terus memutar otak. Lagi-lagi Ia mengganti penyerang untuk membalas kekalahan 1-3 di menit ke 77. Shahrel Fikri dimasukkan mengganti Muhammad Syafiq. 

Namun  ternyata strategi Vigado tak bisa lebih memperkuat Harimau Malaysia. 

Di menit ke 82, gol ke empat Skuat Garuda Muda membuatkan tiga poin di Ahad Malam ini. Elkan Baggott menjaringkan bola ke gawang Malaysia dengan memanfaatkan umpan Evan Dimas. 

Skor 4-1 untuk Indonesia ini tak berubah hingga pluit panjang dibunyikan wasit. 

Dengan kemenangan di pertandingan terakhir penyisihan Grup B Piala AFF ini, Timnas Indonesia memastikan  diri melenggang ke Semifinal. 

Dari 4 kali bertanding, Timnas Indonesia mengumpulkan 10 poin bertengger di puncak klasemen Grup B Piala AFF. Di urutan kedua ada Vietnam dengan poin sama hanya beda selisih gol 4 buah. 


Senentara di Grup A, Thailand merajai klasemen dengan raihan 12 poin dari 4 kali kemenangan. Tuan Rumah Singapura berada di posisi kedua, dengan 9 poin dari 3 kali kemenangan dan 1 kali kalah. 

Jadwal selanjutnya pertandingan semi-final leg pertama akan digelar Rabu (22/12). Akan  bertanding Singapura vs Timnas Indonesia dan di Hari Kamis (23/12), Vietnam akan berhadapan dengan Thailand. 

Leg kedua semi-final akan digelar Sabtu (25/12), Indonesia akan menjamu Singapura dan pada Ahad (26/12) Thailand vs Vietnam.  (Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.