Ads Top

Peringati Hari Ibu, Ini 11 Adab Anak Terhadap Orangtua

Ilustrasi Anak dan Ibu (web) 

KUNINGAN - Setiap tanggal 22 Bulan Desember selalu diperingati sebagai Hari Ibu. Banyak pihak yang merayakannya dengan memberikan sesuatu yang spesial untuk ibundanya. Tentu bagi yang ibundanya sudah tiada, hanya doa dari anak sholeh/sholehah yang bisa dipanjatkan.
Memperingati Hari Ibu tentu tidak cukup dengan satu ungkapan atau hadiah di satu hari saja. Meski hadiah atau sesuatu yang spesial itu sangat mahal harganya, tak akan bisa membalas jasa seorang ibu terhadap anaknya.

Ada istilah kasih Ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang galah. Peribahasa itu sangat benar adanya. Karena seberapa besar pemberian anak kepada Sang Ibu, tak akan bisa menggantikan jasa Ibu untuk kehidupan anak-anaknya.
Bahkan Rasulullah SAW dalam hadits Beliau juga menyebutkan tiga kali nama Ibu tatkala ada seorang sahabat bertanya siapakah di dunia ini yang wajib dihormati.
Rasulullah SAW menjawab 'ibumu' sampai tiga kali kemudian baru menjawab "bapakmu".
Ini menunjukkan kasih sayang seorang ibu yang amat besar bahkan jika dibandingkan dengan seorang ayah kepada anaknya.
Berbicara menghormati orangtua, salah seorang narasumber kuninganreligi.com, yang juga pengurus Majelis Ulama Indonesia  Kabupaten Kuningan, KH Fitriyadi, menyebutkan setidaknya ada 11 akhlak yang harus dimiliki seorang anak terhadap orangtua mereka.
"Rasulullah SAW adalah suri tauladan yang baik. Beliau memberikan suri tauladan termasuk kepada Cucu Beliau, Hasan dan Husein. Hingga perilaku Hasan dan Husein, terlihat sama dengan Beliau, " ucap KH Fitriyadi dalam ceramahnya di Kanal YouTube Masjid Assalaam Kuningan.
Disebutkan nya, setidaknya ada 11 nasehat Baginda Nabi SAW untuk membangun akhlak anak terhadap orangtua.
"Di antaranya saja, pertama, ketika orangtua butuh makanan, maka berikan orangtuamu makanan, " ujarnya.
Kemudian, jika orangtua butuh pakaian, maka berilah mereka pakaian. Lalu, layanilah orangtua saat mereka butuh dikhidmah/dilayani.
"Ketika orang tua memanggil, maka sebagai anak wajib menjawab. Dan saat orangtuamu memberikan perintah, maka taatilah, " kata KH Fitriyadi.
Ia juga menyampaikan bahwa sebagai seorang anak harus memiliki akhlak berbicara dengan tutur kata yang sopan dan santun kepada orangtua.

"Selanjutnya, salah satu akhlak anak terhadap orangtua adalah tidak memanggilnya dengan nama, " ujarnya.
Saat berjalan pun, akhlak seorang anak dengan orangtua sudah diatur dalam Islam. Anak yang berakhlak baik, selalu berjalan di belakang orang tua ketika bepergian.
"Seorang anak pun harus berusaha menyenangi sesuatu yang disenangi
orang tua dan tidak menyukai yang tidak disukainya, " ungkap KH Fitriyadi.
Seorang anak yang shalih-shalihah, tambahnya, hendaknya mendoakan orang tuanya untuk mendapatkan ampunan Alloh SWT.
" Akhlak yang kesebelas, anak terhadap orangtua adalah jangan menampakan kesusahan kepada orang tua, " sebutnya.
Demikian 11 akhlak seorang anak terhadap orangtua yang harus senantiasa dilakukan setiap hari walaupun bukan pada hari spesial seperti Hari Ibu. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.