Ads Top

Selamat Hari HAM Sedunia, Hak Pejalan Kaki di Trotoar Belum Terpenuhi?

Pejalan kaki yang seharusnya bisa memakai trotoar terhambat 


KUNINGAN - Setiap tanggal 10 Desember diperingati sebagai Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia. Peringatan tersebut ditujukan sebagai ajakan/kampanye yang disepakati sebagian besar negara di dunia untuk menghormati hak dasar / hak asasi setiap individu. 

Salah satu hak dasar yang dimiliki setiap individu adalah hak mendapat akses bagi pejalan kaki di jalanan dengan menggunakan trotoar sebagai tempatnya pejalan kaki. 


Namun, melihat kondisi trotoar di beberapa ruas jalan di Kabupaten Kuningan nampaknya hak mendapat tempat khusus pejalan kaki ini masih sebatas angan-angan. 

Entah apa maksud pemerintah daerah melalui instansi yang berwenang mengurusi masalah trotoar ini, menempatkan pot-pot besar di badan trotoar. Sehingga pot-pot tersebut sangat menghalangi pejalan  kaki saat menggunakan  trotoar. 

Belum lagi adanya lapak-lapak pedagang kaki lima yang belum ditempatkan secara benar, sehingga menghambat total ruas trotoar yang seharusnya dikhususkan buat pedestrian. 


Ada lagi, beberapa titik di trotoar yang ada di Kuningan kota ditempatkan "Tempat Pembuangan Sampah Sementara" oleh dinas terkait. 

Banyaknya kendaraan yang parkir di bahu jalan, apalagi di beberapa ruas jalan di Kuningan, para pemilik kendaraan roda empat menjadikan bahu jalan  sebagai "garasi" mereka, menambah terampasnya hak-hak pejalan kaki untuk dapat berjalan di trotoar. 


Saat trotoar tertutup pot, pohon, pedagang kaki lima dan lainnya, ditambah adanya mobil di bahu jalan, lengkap sudah "penderitaan' pejalan kaki. 

Dalam peringatan Hari Hak Asasi Manusia ini, semoga hak-hak pejalan kaki untuk menikmati trotoar bisa segera dipenuhi. 

Pemerintah daerah, diminta tidak menyepelekan hal ini, karena dengan trotoar yang tertata rapi dan indah serta difungsikan sebagaimana mestinya, maka semangat HAM yang diperingati setiap tanggal 10 Desember ini benar-benar diwujudkan. 

Selamat memperingati Hari HAM Sedunia, semoga hak-hak dasar masyarakat bisa segera terpenuhi. (Nars/ penulis adalah Pemred kuninganreligi.com) 

Diberdayakan oleh Blogger.