Ads Top

Timnas Indonesia maju ke babak Final Piala AFF Suzuki setelah menang lawan Singapura 4-0, Sabtu (25/12) malam. 

PIALA AFF - Tiga buah kartu merah diberikan wasit kepada pemain Singapura dalam ajang Semifinal Leg kedua Piala AFF Suzuki, Sabtu (25/12) malam, saat Singapura bertanding melawan Timnas Indonesia.

Kartu merah pertama diberikan kepada Safuwan Baharudin di menit ke 45+2 babak pertama dan kartu merah kedua diberikan kepada Irfan Fandi saat menghalangi Irfan Jaya di dekat kotak penalti Singapura di menit ke 67 babak kedua.

Kartu merah terakhir diberikan wasit Qasim Matar Ali Al Hatmi kepada penjaga gawang Hassan Sunny setelah maju keluar kotak penalti demi menyelamatkan gawangnya dari serangan Dewangga di menit ke 118 perpanjangan waktu. 

Baca juga:


Bermain dengan 9 pemain, hingga perpanjangan waktu, Singapura tetap bisa mengimbangi permainan Skuad Garuda. Ini terbukti dengan Gol kedua yang berhasil dijaringkan gelandang Shahdan Sulaiman, di menit ke 74 babak kedua melalui tendangan bebas di lini pertahanan Indonesia.

Gol Shahdan ini sempat membuat punggawa Garuda turun mental. Namun pemain  bertahan Indonesia, Pratama Arhan, berhasil merubah suasana dan mengembalikan kembali semangat skuat merah putih.

Arhan berhasil memanfaatkan kemelut di mulut gawang SIngapura. Pantulan bola dari kaki kiper Hassan Sunny berhasil disapu ke arah gawang dan bola pun masuk di menit ke 87.

Kedudukan imbang ini membuat pertandingan semakin panas. Apalagi pelatih Shin Tae-yong, tidak menginginkan kemenangan Indonesia melalui agenda adu penalti.

Baca juga:


Alhasil, pelanggaran demi pelanggaran di kedua kubu terjadi. Salah satunya malah memberi peluang kepada Singapura di menit ke 90, saat pelanggaran terjadi di kotak penalti Indonesia.

Sayangnya, tendangan penalti yang dihadiahkan wasit tidak berhasil dieksekusi dengan baik oleh pemain Singapura Faris Ramli, bola berhasil ditepis Nadeo.

Kedudukan imbang 2-2 tak berubah hingga pluit panjang dibunyikan.


Perpanjangan Waktu

Dengan skor imbang ini, maka pertandingan dilanjutkan melalui perpanjangan waktu. Lima belas menit pertama, Dewi Fortuna berpihak ke kubu Skuad Garuda. Gelandang Singapura tidak konsentrasi saat menendang bola ke gawang Sunny. Gol bunuh diri pun dilakukan Shawal Anuar di menit ke 91 babak pertama perpanjangan waktu. Skor 3-2 untuk Indonesia.

Kemenangan 1 gol semakin membuat anak-anak asuhan Shin Tae-yong seperti mendapat darah segar. Satu gol tercipta lagi melalui Egi Maulana Fikri di menit ke 105 , injury time babak pertama perpanjangan waktu. Skor 4-2 untuk Indonesia, hingga jeda perpanjangan waktu.

Lepas jeda istirahat permainan  nampak melambat, walaupun sesekali Garuda Nusantara mencoba tendangan-tendangan jarak jauh ke gawang Sunny. 

Skor 4-2 berakhir hingga pluit panjang babak kedua perpanjangan waktu dibunyikan Qasim Matar Ali Al Hatmi. 

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia berhasil melaju ke babak final Piala AFF Suzuki 2020. Lawan Garuda muda akan ditentukan besok, yakni pemenang leg kedua semifinal antara Thailand vs Vietnam. 

Pertandingan Final leg kesatu akan digelar Rabu (29/12) lusa dan leg keduanya akan digelar Sabtu (1/1/2022). 

(Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.