Ads Top

3 Rumah di Cibingbin Terendam Luapan Sungai Cikondang

Rumah warga di Desa Cibingbin Terendam Air Luapan dari Sungai Cikondang, Senin (10/01) petang. 

KUNINGAN - Sejumlah tiga rumah di Desa Cibingbin, Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan terendam luapan air saat hujan deras terjadi pada Senin (10/01/2022). Tiga rumah tersebut berada di Dusun Pahing dan Dusun Puhun Desa Cibingbin. Air meluap dari Sungai Cikondang ke pemukiman warga dan mengancam rumah-rumah yang ada di sekitarnya. 


Dalam beberapa potongan video yang beredar di media sosial percakapan publik warga Kuningan, nampak banjir sedalam 30 cm sudah masuk ke rumah-rumah warga. 

Bahkan dikabarkan 3 rumah terendam air hingga 1 meter kedalamannya. 

Kepala Desa Cibingbin, Aris Musyadad, saat dikonfirmasi awak media membenarkan kejadian banjir tersebut di desanya. 

"Iya benar, kejadiannya petang ini, akibat hujan deras air meluap dari Sungai Cikondang. Tiga rumah sudah terendam di Blok Pahing dan Puhun, " katanya. 

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana, menanggapi adanya informasi banjir tersebut, mengatakan bahwa Tim BPBD Kuningan segera meluncur ke lokasi banjir di Cibingbin Senin malam ini. 

"Tim luncuran ke Cibingbin selepas penanganan Pohon Tumbang di Kiara Domba, " katanya. 


Sekadar informasi, intensitas hujan  di musim penghujan tahun ini diprediksi BMKG dan BPBD Jabar meningkat hingga 70 persen. Puncak intensitas hujan diperkirakan akan berlangsung antara Januari hingga Maret 2022.

"Kami menghimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan adanya peningkatan curah hujan ini, " ujar Indra Bayu. (Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.