Ads Top

Ditahan Imbang 2-2 (Agregat 6-2) Timnas Indonesia Mampu Jadi Runner-up, Thailand Juara Piala AFF Suzuki 2020

Witan Sulaiman (10) memungut bola usai Egy Maulana Vikri menyamakan kedudukan 2-2 di babak kedua Final Piala AFF Suzuki, Indonesia vs Thailand, Sabtu (01/01) 

PIALA AFF - Babak pertama pada pertandingan leg kedua Final Piala AFF, Timnas Indonesia sempat memimpin dengan skor 1-0. Gol diciptakan Ricky Kambuaya pada menit ke 7 babak pertama dari tendangan di luar kotak penalti setelah memanfaatkan bola pantulan dari pemain belakang Thailand. 

Di Babak ke-2 Thailand langsung merombak 3 pemainnya. Adisak Kraisorn, Phitiwat Sukjitthammakul dan Weerathep Pomphan masuk menggantikan Teerasil Dangda, Thanawat Suengchitthawon dan Pawee Tanthatemee. 


Menit ke-50 sempat terjadi pelanggaran keras terhadap Witan Sulaeman. Namun  wasit asal Yordania, Muhammad Ali hanya memberikan kartu kuning kepada pemain gelandang Gajah Perang, Weerathep Pomphan. Hal ini membuat Shin Tae-yong sempat melakukan protes kepada wasit, karena pelanggaran dinilai wasit seharusnya  mengeluarkan kartu merah untuk Pompjan. 

Selang 4 menit dari pelanggaran tersebut, penyerang Thailand, Adisak Kraisorn, berhasil menyamakan kedudukan 1-1 . 

Skor untuk Thailand bertambah di menit ke 56, saat pemain gelandang Sarach Yooyen berhasil memanfaatkan umpan dari Supachok Sarachat dan menjebol gawang Nadeo Argawinata. 

Usai kebobolan 2 gol, Tae-yong melakukan pergantian pemain depan Skuat Garuda. Hanis Sagara Putra masuk menggantikan Dedik Setiawan dan Ramai Rumakiek digantikan Irfan Jaya di menit ke 59.

Unggul agregat gol 6-1, Tim Gajah Perang langsung menerapkan taktik bertahan disertai serangan-serangan balik. 

Menit ke 71, Philip Roller yang main di posisi bertahan, dimasukkan Alexandre Polking menggantikan gelandang Bordin Phala. 

Sementara di kubu Timnas Indonesia, Pelatih Shin Tae-yong baru memasukkan Evan Dimas di menit ke 74, menggantikan Rachmat Irianto. 

Dua buah kartu kuning diberikan Wasit Muhammad Ali, masing-masing kepada Chanathip Songkrasin (Thailand) dan Asnawi Mangkualam (Timnas Indonesia) di menit ke-73. 

Egy Maulana Vikri, pemain gelandang Timnas behasil menyamakan kedudukan 2-2 di menit ke-80 dari umpan lambung Witan Sulaeman ke kotak penalti. Dengan sedikit sontekan Egy berhasil mengecoh penjaga gawang Thailand, Siwarak Tedsungnoen. 

Menjelang akhir pertandingan, kedua kubu mencoba keberuntungan dengan mengganti pemain depan mereka. Di kubu Gajah Perang, Jenphop Phokhi masuk menggantikan pencetak gol Sarach Yooyen. Dan di kubu Garuda Nusantara, gelandang Syahrian Abimanyu masuk menggantikan penyerang Hanis Saghara Putra. 


Skor 2-2 (agreagat gol 6-2) bertahan hingga wasit asal Yordania, Muhammad Ali meniup pluit panjang. Thailand akhirnya berhasil menjadi juara AFF Suzuki Cup 2020 setelah memenangkan seluruh pertandingan dan menggulung Timnas Indonesia di 2 pertandingan Babak Final. 

Timnas Garuda Nusantara harus bisa menelan pil pahit dan pasrah dijuluki menjadi langganan runner-up di Piala AFF ini. (Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.