Ads Top

Gubernur Jawa Barat, HM Ridwan Kamil bersama Bupati Kuningan, H Acep Purnama di ruangan Kuningan Command Center, Ahad (30/1) 

KUNINGAN - Usai meresmikan hasil revitalisasi alun-alun dan taman kota Kabupaten Kuningan, pada Ahad (30/1), Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama istri, Atalia Praratya, berkesempatan meninjau ruangan Kuningan Commander Center, yang bertempat di kompleks Pendopo Bupati Kuningan. 


Pembangunan Kuningan Command Center yang baru selesai dilaksanakan pada pertengahan Bulan Desember 2021 lalu ini termasuk pada salah satu proyek strategis yang didanai dari APBD Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2021. 

Terlihat, sejak masuk ruangan pertama di dalam Gedung Command Center, Kang Emil, sapaan Gubernur Ridwan Kamil, sudah menunjukkan bahasa tubuh kekagumannya terhadap hasil pembangunan Command Center tersebut. 

“Kereen. Inilah Pak Bupati, Command center ini nanti digunakan oleh Pak Bupati sebagai pusat komando dalam pengambilan berbagai keputusan,” ujarnya.

Ditambahkan Kang Emil, ada tiga fungsi Command Center yang nanti bisa digunakan oleh Bupati Kuningan, yaitu sebagai pusat data, sarana infrastruktur dalam melihat situasi dan kondisi di lapangan dan  sebagai alat komunikasi dengan masyarakat. 

"Artinya dari sini Pak Bupati bisa melihat data-data dari perangkat daerah apakah sudah memenuhi standar yang diharapkan, lalu bisa memantau baik melalui CCTV publik ataupun media informasi, yang nanti akan dijadikan referensi sebagai bahan keputusan, " paparnya. 

Gubernur juga berharap kedepan Kuningan Command Center dapat bermanfaat yang pada akhirnya bertujuan untuk membawa Kabupaten Kuningan semakin maju.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan, Wahyu Hidayah, menjelaskan kondisi Command Center saat ini setelah pembangunannya selesai dilaksanakan.

“Command center Kabupaten Kuningan Alhamdullah saat ini sudah selesai dilaksanakan. Selain sudah terpasang 8 titik CCTV publik yang terintegrasi dengan Command Center, kami juga bekerjasama dengan Jabar Digital Service dan Sumedang Command Center untuk mengisi aplikasi didalamnya, " terang Wahyu. 

Selain itu, katanya, dalam rangka menuju Kuningan Smart City, kami juga sudah membuat satu aplikasi KUDA SIWINDU (Kuningan Cerdas, Aplikasi Wahana Transformasi Kehidupan Baru). 

Wahyu menambahkan, tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi informasi sangat mempengaruhi teknologi komunikasi. Untuk itu kedepan pihaknya akan memaksimalkan Command Center ini dengan penambahan aplikasi sesuai kebutuhan. 

Terpisah, Bupati Kuningan, Acep Purnama juga mengapresiasi atas terbangunnnya Command Center, dan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Gubernur Jawa Barat tersebut. 


“Alhamdulillah, tahun ini Kuningan telah memiliki Command Center. Dengan adanya Command Center ini kami dapat memantau setiap perkembangan di Kabupaten Kuningan, " ungkapnya. 

Melalui komunikasi cepat dengan seluruh perangkat daerah, nantinya Pemkab Kuningan bisa membahas situasi Kabupaten Kuningan melalui data-data yang ada. 

"Kami juga berharap kedepan pengembangan Command Center dapat segera dilaksanakan sehingga jalan-jalan dan obyek wisata di kabupaten kuningan dapat terpantau melalui cctv publik. Atas kebijakan Pak Gubernur yang telah memperhatikan Kabupaten Kuningan kami mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya, " kata Acep. 

Terpantau, hadir pula mendampingi Kang Emil, Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Kuningan, Ika Rahmatika Acep Purnama, Wakil Bupati Kuningan, Ridho Suganda beserta istri dan Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Dian Rachmat Yanuar yang juga hadi bersama istrinya. 

(Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.