Ads Top

PT Taspen (Persero) Sosialisasi Tabungan Hari Tua untuk Tingkatkan Kesejahteraan ASN di Kuningan

 

Program Top Up Tabungan Hari Tua PT Taspen (Persero) Direspon Bupati Kuningan

KUNINGAN - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Taspen (Persero) menyosialisasikan upaya peningkatan kesejahteraan ASN melalui program Top Up Tabungan Hari Tua yang akan dikerjasamakan dengan Pemkab Kuningan.

Sosialisasi yang digelar di Aula Hotel Grand Cordela Kuningan, Rabu (11/1/2022) ini dihadiri puluhan pejabat dari beberapa SKPD dan kecamatan di Kabupaten Kuningan.

Sekretaris Daerah Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini menjelaskan, Pemkab Kuningan dalam 2 tahun ini terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan para anggota Korpri (ASN).


"Diantaranya yang sudah dan sedang dilakukan adalah adanya upaya bantuan subsidi perumahan, beasiswa untuk anak-anak ASN dan bantuan kepada ASN Purnabakti dan yang sakit, " ujarnya.

Namun semua upaya tersebut dirasakan masih jauh dari harapan mengingat kecilnya anggaran yang tersedia.

"Dari iuran anggota saja kita rasakan masih kecil. ASN yang purnabakti hanya diberikan sekira Rp 750 ribu dan untuk yang sakit pun hanya alakadarnya saja, " katanya.

Sebenarnya, pihaknya berharap ada peningkatan iuran anggota yang saat ini dirasa minim. Iuran anggota Korpri saat ini adalah Rp 5.500/orang/bulan, yang sudah sangat rendah jika dibanding dengan iuran anggota Korpri di daerah lain.

Upaya peningkatan kesejahteraan ASN terutama di masa purnabakti jadi perhatian serius pemerintah. Sesuai arahan Bupati Kuningan, imbuh Sekda, ada usulan bekerjasama dengan pihak PT Taspen untuk membuka program Top Up Tabungan Hari Tua yang besarannya direncanakan Rp 100-120 ribu per bulan.

"Kelebihan dari program ini, selain simpanan yang bisa diharapkan bisa diambil di saat purnabakti, juga termasuk jaminan klaim asuransi yang bisa dimanfaatkan jika ada hal-hal yang tidak diharapkan, " terangnya.

Pihaknya mengaku akan menindaklanjuti sosialisasi hari ini dengan pembahasan lebih lanjut agar program peningkatan kesejahteraan ASN ini bisa segera terlaksana.


"Gayung bersambut, dari pihak PT Taspen juga sangat merespon rencana ini. Nanti kita akan bahas lebih lanjut segera, " ujar Sekda.

Sementara, Direktur Utama PT Taspen (Persero), Ibnu Hasyim, memberikan  keterangan bahwa program Top Up Tabungan Hari Tua ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan ASN saat memasuki masa pensiun.

"Diharapkan saat pensiun ASN di lingkungan Pemkab Kuningan ini punya kesejahteraan yang lebih dengan adanya program Top Up Tabungan Hari Tua dari PT Taspen Life ini, " kata Ibnu.

Untuk lebih detail terkait pelaksanaan program tersebut, Ia menyebutkan akan dibahas dalam minggu-minggu ini bersama jajaran Pemkab Kuningan, agar bisa segera dimulai.

"Kelebihan program ini adalah unik, tidak seperti program asuransi kebanyakan di masyarakat. Ini khusus untuk ASN agar pada masa pensiun bisa mendapatkan manfaatnya, " ungkapnya.

Program Top Up Tabungan Hari Tua ini, tambah Ibnu, memberikan keleluasaan bagi ASN untuk memilih kapan akan menabung dan kapan untuk bisa menarik uang jika benar-benar dibutuhkan,

"Pertanggungan tetap berjalan meski telah ada withdrawal. Ini memang didesain khusus untuk memberikan kesejahteraan ASN di hari tua mereka, " tandasnya. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.