Ads Top

Bulog Cirebon Akan Salurkan 32 Ribu Liter Minyak Goreng di Kabupaten Kuningan untuk Atasi Kelangkaan

Pimpinan Kantor Cabang Bulog Cirebon, Budi Sultika.

KUNINGAN - Sesuai permintaan Pemerintah Kabupaten Kuningan, Kantor Bulog Cabang Cirebon akan menyalurkan sebanyak 32 ribu liter minyak goreng untuk membantu mengatasi kelangkaan minyak goreng di Kabupaten Kuningan.

Hal itu disebutkan Pimpinan Kantor Cabang Bulog Cirebon, Budi Sultika disela agenda sidak minyak goreng di dua pasar tradisional bersama Forkopimda Kuningan, Jum'at (18/2).


"Penyaluran 32 ribu liter minyak goreng di Kabupaten Kuningan ini merupakan bagian dari peran Bulog dalam mengatasi kelangkaan minyak goreng di Kuningan dan sekitarnya," kata Budi.

Mulai Sabtu (19/2) besok, pihaknya bersama jajaran Diskopdagperin sebagai leading sektor perdagangan di Kabupaten Kuningan akan mulai menyalurkan sebanyak 5000 liter minyak goreng dalam satu agenda Operasi Pasar.

"Nanti besok agendanya di Food Court Taman Kota Kuningan ya, kita salurkan 5000 liter dulu. Kita sasarannya bukan pasar tapi ke tiap (eks) kewadanan/karesidenan, " ujarnya.

Pihaknya mengaku masih menemukan pedagang yang menjual minyak goreng di atas harga Rp 14 ribu/liter saat mengikuti sidak bersama Forkopimda, Jum'at pagi. Namun, menurut pedagang minyak goreng yang dijual dengan harga tinggi itu diakui adalah stok lama.

"Mungkin mereka juga membelinya dengan harga di atas Rp 14 ribu / liter. Tapi yang terpenting kedepan kita akan usahakan bagaimana masyarakat bisa mudah mendapatkan minyak goreng dengan harga sesuai aturan pemerintah," terangnya.

Untuk seluruh wilayah Ciayumajakuning, Kantor Cabang Bulog Cirebon menyampaikan, akan mendistribusikan sebanyak 250 ribu liter minyak goreng secara bertahap. 

"Menghadapi Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri nanti kita rencanakan akan distribusikan lebih banyak lagi," kata Budi.

Sebelumnya diberitakan, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kuningan bersama Kantor Bulog Cirebon melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ketersediaan dan harga minyak goreng di dua pasar tradisional, yakni Pasar Cilimus dan Pasar Ciawigebang, pada Jum'at (18/2).

Ikut dalam rombongan sidak tersebut, Bupati Kuningan, H Acep Purnama, Kapolres Kuningan, AKBP Dhany Aryanda, Dandim 0615/Kuningan, Letkol CZI David Nainggolan bersama Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kuningan, U Kusmana dan Kepala Kantor Cabang Bulog Cirebon, Budi Sultika.


Dalam sidak tersebut, seperti terlihat di Pasar Tradisional Cilimus, Bupati dan rombongan menemukan bahwa stok minyak goreng curah masih aman karena pengiriman yang kontinyu.

"Untuk minyak curah di Pasar Cilimus ini terlihat ada, dan harganya masih di batas wajar, satu kilogram dijual Rp 15 ribu," kata Bupati.

Sementara, untuk minyak kemasan yang bersubsidi, pihaknya memantau masih kurang pasokannya. Untuk itu, pemerintah akan mengupayakan pengiriman stok tambahan dari distributor maupun pihak Bulog. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.