Ads Top

Dhany Aryanda, Pernah Belajar di FBI, Jabat Kapolres Kuningan, Ini Rekam Jejaknya

AKBP Dhany Aryanda, S.I.K. Kapolres Kuningan


KUNINGAN - Nama AKBP Dhany Aryanda, dipromosikan menjadi Kapolres Kuningan Polda Jawa Barat sesuai telegram Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo masing-masing bernomor ST/164/I/KEP./2022, ST/165/I/KEP./2022, dan ST/166/I/KEP./2022 tanggal 24 Januari 2022.

Pria lulusan Akademi Kepolisian Tahun 2002 ini sebelum ditunjuk sebagai Kapolres Kuningan, menempati jabatan sebagai Kapolsek Metro Gambir sejak Januari 2021.


Genap satu tahun menjabat Kapolsek di Ring 1 wilayah Ibukota RI ini, AKBP Dhany, terhitung tanggal 24 Januari 2022, dipindahtugaskan ke Mapolres Kuningan, Polda Jabar, sebagai Kapolres. 

Dari rekam jejak karier yang dilalui Dhany, diketahui, Ia sempat menjabat sebagai Kanit Narkoba dan Kanit Reskrim Polsekta Jambi Selatan. 

Pada tahun 2005, pria kelahiran Bandung tanggal 23 November 1980 ini pindah tugas menjadi Kanit Harda Polres Bandung, Polda Jabar. 

Kemudian, dua tahun setelah itu, pada 2007, Ia menjabat sebagai Wakapolsek Dayeuhkolot Polres Bandung. 

Ia kemudian ditunjuk menjadi Penyidik Unit IT dan Cyber Crime Dittipideksus Bareskrim Polri, pada tahun 2009.

Dua tahun kemudian, Dhany dipindahkan lagi ke posisi Wakapolsek Kelapa Gading Polres Metro Jakarta Utara Polda Metro Jaya pada tahun 2011. 

Masih di wilayah polres yang sama, pada tahun 2012 , Dhany dipindahkan ke posisi Kanit Krimsus Satreskrim. 

Pria yang juga dikenal cerdas, tegas dan humanis serta berpengalaman dalam bidang reserse ini, sempat menjadi Kasat Reskrim Polresta Bandara Soekarno Hatta Polda Metro Jaya pada tahun 2013.

Pada tahun 2014, Dhany ditugaskan untuk menjaga keamanan di Negara Sudan sebagai Police Advisor/Peace Keeping Operation/Pada misi PBB UNAMID, tepatnya di Kota Darfur. 

Tahun 2015, Dhany kembali ke tanah air dan diangkat sebagai Kanit 3 Subdit 4 Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya. 

Berikut karier AKBP Dhany Aryanda secara berurutan waktu mulai tahun 2016 hingga tahun 2022.

Tahun 2016 - Pasis Sespimmen Dikreg-56

Tahun 2016 - Anjak Madya Bag Jatinter SET NCB Interpol Divhubbinter Polri

Tahun 2017 - Penerjemah Madya Bagian Kejahatan Internasional SET NCB Interpol Divhubinter Polri

Tahun 2018 - Pamen Polda Metro Jaya

Tahun 2018 - Kanit 5 Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya

Tahun 2019 - Penyidik Madya Ditreskrimum Polda Metro Jaya

Tahun 2020 - Kasubdit IV/Tipid Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya

Tahun 2021 - Kabag Ops Polres Metro Jakarta Utara Polda Metro Jaya

Tahun 2021 - Kapolsek Metro Gambir Polres Metro Jakarta Pusat Polda Metro Jaya

Tahun 2022 - Kapolres Kuningan, Polda Jawa Barat.

Masih sesuai rekam jejaknya, Dhany tercatat sering menyelesaikan kasus berskala nasional mampu diungkap.  

Berbagai kasus yang pernah diungkapnya selama karier di kepolisian yakni kasus prostitusi dengan tersangka seorang perempuan berinisial A (27) yang mendalangi prostitusi remaja.

Ia juga berhasil menangkap seorang WNA yang jadi buronan FBI, Russ Albert Medlin, dalam kasus penipuan investasi saham Bitvoin di New Jersey, Amerika Serikat. 

Dhany ketika menjabat Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno- Hatta berhasil menangkap pelaku pencurian tas milik Wakil Duta Besar Brunei Darussalam Ahmad Nasri. 

Pencuri berinisial AW alias KEN (39) sempat melarikan diri ke Batam, Bangkok, dan Hongkong kemudian diringkus di Gajah Mada Plaza, Jakarta Pusat.


Bersama seorang rekannya di bagian penyidikan Polri, Dhany berkesempatan menimba  ilmu kejahatan Cyber di National Academy Quantico Amerika Serikat dan tercatat sebagai Satgas Khusus Internanasional kejahatan online kekerasan terhadap anak, pada tahun 2013.

Nama AKBP Dhany Aryanda, menjabat Kapolres Kuningan pada awal tahun 2022 ini menggantikan pejabat lama, AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya yang dialihtugaskan menjadi Kapolres Lampung Tengah, Polda Lampung. (Nars) 

Diberdayakan oleh Blogger.