Ads Top

Rangkaian HPN 2022 di Kuningan Ditutup dengan Riding Puluhan Wartawan Bersama DPRD


KUNINGAN - Rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-76 tahun 2022 di Kabupaten Kuningan ditutup dengan berkendara sepeda motor bareng puluhan wartawan bersama anggota dan pimpinan DPRD Kuningan, pada Rabu (16/2).

Bergerak dari Kantor DPRD Kuningan, puluhan sepeda motor menempuh jarak puluhan kilometer menuju Desa Wisata Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

Setiba di lokasi, puluhan jurnalis dari berbagai media, baik cetak, elektronik, maupun online nampak akrab dengan legislatif dan sekretariat dewan. Mereka melakukan diskusi terkait HPN dan sinergitas antara pers dan legislatif. 


Ketua PWI Kuningan, Nunung Khazanah, dalam sambutannya mengatakan pers dan legislatif itu mempunyai salah satu tugas yang sama, yaitu pengawasan. 

"Diharapkan melalui 'HPN 2022 Riding to Cibuntu', pengawasan bersama antara pers dan legislatif terhadap pembangunan di Kabupaten Kuningan akan lebih maksimal lagi," ujar Nunung.

Nunung berharap sinergitas tersebut tidak sekedar saat touring saja, namun terus berlanjut, dan moment tersebut diharapkan menjadi agenda rutin tahunan.


"Melalui acara ini, kami semakin akrab, dan mudah-mudahan, kekakuan antara media dengan anggota dewan bisa mencair. Tidak ada lagi anggota dewan yang alergi saat didatangi wartawan," ungkapnya.

Ia menambahkan, wartawan bisa lebih berkualitas, lebih profesional, dan tetap menjaga kode etik jurnalistik untuk mendapat pengakuan dari semua pihak.

Sementara, Ketua DPRD Nuzul Rachdy yang menggagas acara touring bersama jurnalis menambahkan, melalui HPN, jurnalis Kuningan diharapkan bisa sejalan dengan DPRD, bisa memberitakan secara seimbang, dan tidak hanya menggoreng opini dan membuly legislatif. 

"Kita juga kan banyak agenda yang inti pembahasannya menggodog program melalui aturan untuk masyarakat, dan itu melalui pembahasan-pembahasan yang cukup panjang. Itu juga harus jadi perhatian media," harapnya.


Nampak hadir dalam agenda diskusi tersebut, semua pimpinan DPRD, yaitu Dede Ismail, Kokom Komariyah, Ujang Kosasih, dan juga hadir anggota lainnya, seperti Udin Kusnaedi, Susanto, Dede Sudrajat, Sekretaris DPRD Nurdijanto, dan para Kabag/kasubag.

Kegiatan diakhiri dengan penanaman pohon secara simbolis di Desa Wisata Cibuntu, sebagai bentuk kepedulian legislatif dan pers terhadap lingkungan. Simbolis menanam jenis kaboa, akasia dan manglid dilakukan oleh Ketua DPRD, Sekretaris Dewan dan Ketua PWI. (Nars/rls)

Diberdayakan oleh Blogger.