Ads Top

Targetkan 1000 Anggota Baru, PSNU Pagar Nusa Kuningan Gelar Mapag dan UKT


KUNINGAN - Sebanyak 9 perguruan pencak silat di bawah naungan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa di Kabupaten Kuningan, mengikuti Masa Penerimaan Anggota (MAPAG)  dan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) bertempat di Ponpes Nurul Huda Desa Kertawangunan, Kecamatan Sindangagung, pada Sabtu (12/2).


Dari 9 perguruan tersebut, tercatat ada 75 orang yang mendaftar sebagai anggota baru dan 36 orang mengikuti ujian kenaikan tingkat.

Wibawa Gumbira, Ketua Umum PSNU Pagar Nusa Kuningan menjelaskan bahwa Mapag dan UKT merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun untuk merekrut anggota baru dan menjadi ujian bagi anggota yang siap untuk melangkah ke jenjang selanjutnya. 

Saat ini anggota KTA Nasional sebanyak 200 orang yang tersebar di 32 kecamatan, kata Wibawa Gumbira, serta telah didirikan ada 8 PAC.

"Tahun ini, PAC akan dibentuk  di 32 kecamatan dengan target 1.000 orang anggota. Untuk pelatih asal Kuningan, ada 21 pelatih berlisensi dari Jawa Barat," ungkap Gugum, sapaannya.

Pihaknya bersyukur, saat ini anggota Pagar Nusa semakin bertambah. Hal ini membuktikan adanya kepercayaan masyarakat dan meningkatnya kesadaran generasi muda akan kearifan lokal seni Pencak Silat.



Dia menjelaskan, acara  Mapag dan UKT ini juga untuk mempertajam warisan Nusantara Seni Bela Diri Pencak Silat untuk membantu memperkuat dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Generasi Pagar Nusa harus siap dan sigap bersatu dan bersinergi dengan menjaga kebersamaan. 

"Kita  harus disiplin dalam bertindak, jangan tergesa gesa dan arogan. Pagar Nusa harus kuat dan jaya untuk menjaga agama, nusa dan bangsa, serta NU. Dan memberikan sumbangsih yang terbaik khusunya untuk Kuningan yang kita cintai," tegas Wibawa Gumbira.

Sementara itu, Bupati Kuningan, Acep Purnama, menyebutkan Pencak Silat merupakan Seni Bela Diri sebagai kearifan lokal yang harus di pertahankan keberadaanya, khususnya di Kabupaten Kuningan apalagi sekarang sudah mendunia.

"Kita berkewajiban untuk menjaga bangsa ini melalui kebudyaan dan kesenian. Semoga Pencak Silat Pagar Nusa semakin eksis dan giat lagi dalam menyebarkan sayapnya. Terima kasih dan  terus semangat kepada para  pengurus,  pelatih dan para anggota untuk memberikan sumbangsih dan manfaat  kepada orang lain," papar Bupati di hadapan Ketua Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Jawa Barat, Asep Saepudin Saepulmillah, didampingi Wibawa Gumbira.


Sementara, Ketua PSNU Pagar Nusa Jawa Barat, Asep Saepudin Saepulmillah,  berpesan kepada pengurus Pagar Nusa agar senantiasa menjaga tali silaturahmi dan meminta doa serta keberkahan dari para kiai. 

Dalam kegiatan Mapag dan UKT tersebut dihadiri juga  Sekda Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, yang juga merupakan Dewan Pembina PSNU Pagar Nusa Kuningan. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.