Ads Top

Ditunggu-tunggu Masyarakat, Pasar Rakyat Ciniru Segera Direvitalisasi

Kepala Diskopdagperin Kuningan, U Kusmana S.Sos., MSi. mewakili Bupati Kuningan, Acep Purnama, SH.,MH. mengadakan sosialisasi rencana revitalisasi Pasar Rakyat Ciniru, Kamis (31/3)

KUNINGAN - Bersumber dari Dana Tugas Pembantuan Kementrian Perdagangan RI TA 2022, mulai akhir Maret 2022 Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian berencana melakukan revitalisasi pasar rakyat Desa / Kecamatan Ciniru.


Rencana revitalisasi pasar ini disosialisasikan pada Kamis (31/3) di aula Balai Desa Ciniru, yang dihadiri jajaran pejabat Dinas Kopdagperin Kuningan, Forkopimcam, Kepala Desa dan BPD Ciniru serta para pedagang Pasar Ciniru.

Perjuangan pemerintah Kabupaten Kuningan untuk bisa melaksanakan revitalisasi Pasar Ciniru ini sudah dilakukan sejak setahun yang lalu.

Kepada wartawan, Kadis Kopdagperin Kuningan, U Kusmana mengatakan bahwa keberadaan Pasar Rakyat Ciniru sangat strategis dan potensial sekali karena terhubung ke 3 kecamatan, yakni Kecamatan Ciniru, Hantara dan Subang (melalui pembukaan jalan baru).

"Lebih dari 20 desa terhubung akses ke Pasar Ciniru ini. Kami yakin jika Pasar Rakyat Ciniru ini direvitalisasi akan terbangun ekonomi kerakyatan yang lebih baik bagi masyarakat setempat khususnya yang berdagang di sini," paparnya.

Pemkab Kuningan, kata Uu, hanya berkewajiban membangun pasar rakyat tersebut, sedangkan untuk pengelolaannya ke depan diserahkan pada kebijakan Pemdes dan BPD Ciniru.

"Kita mulai sosialisasi hari ini, nanti hingga Mei mudah-mudahan selesai proses lelang dan diharapkan pada Bulan Oktober tahun ini Pasar Rakyat Ciniru yang baru sudah selesai dibangun," ujar mantan Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setda Pemkab Kuningan ini.

Ditanya besarnya biaya untuk revitalisasi Pasar Rakyat Ciniru ini, Uu menerangkan, direncanakan akan menghabiskan biaya sekira Rp 3,5 milyar. 

Sementara, Camat Ciniru, Indra Nugraha Ishak, menyambut baik rencana revitalisasi Pasar Rakyat Ciniru ini, karena di Kecamatan Ciniru sudah terlihat pembangunan yang begitu pesat.

"Ya benar tidak hanya untuk masyarakat sekitar saja, bahkan untuk masyarakat Kecamatan Subang pun tidak menutup kemungkinan bisa bertransaksi di Ciniru ini. Kita jekas sangat berterima kasih adanya rencana ini," ungkapnya.

Hal sama dikatakan Ketua BPD Ciniru, didampingi Kades Ciniru, Peri Arianto, yang mengaku sudah lama menunggu-nunggu adanya pembangunan Pasar Cinru yang baru.

"Para pedagang dan masyarakat pun sudah lama menunggu-nunggu adanya revitalisasi pasar ini. Sehingga kedepan kesan pasar tradisional yang becek tidak akan terlihat lagi," ujarnya.


Peri menambahkan, pihaknya sudah mempersiapkan tempat relokasi sementara bagi para pedagang untuk menunggu selesainya pembangunan pasar yang baru.

"Lahan yang disiapkan untuk pembangunan pasar ini seluas 2 hektar temasuk bangunan dan lahan parkir," tandasnya lagi. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.