Ads Top

Ketua Komisi 1 DPRD Kuningan Apresiasi Terobosan Disdukcapil Permudah Pelayanan Adminduk Masyarakat

Ketua Komisi 1 DPRD Kuningan, Saw Tresna Septiani

KUNINGAN - Ketua Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuningan memberi apresiasi kepada jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kuningan yang telah banyak membuat terobosan untuk kemudahan masyarakat dalam pembuatan administrasi kependudukan (Adminduk).

"Apalagi saat ini sedang dilakukan upaya sinkronisasi data pusat dan daerah melalui SIAK terpusat. Ini jadi akan lebih baik lagi karena data kependudukan akan lebih sinkron, " kata Ketua Komisi 1 DPRD Kuningan, Saw Tresna Septiani, saat dikonfirmasi usai kegiatan sosialisasi SIAK yang digelar Disdukcapil Kabupaten Kuningan, Senin (21/3).


Masalah Adminduk ini, kata Saw Tresna Septiani, adalah masalah pelayanan dasar yang menjadi hak masyarakat. Karena tanpa data administrasi kependudukan, masyarakat akan kesulitan untuk memperoleh akses pelayanan dalam kebutuhan kesehariannya.

Dirinya juga mengapresiasi Disdukcapil yang memiliki motto mudah, murah dan cepat, yang memang pelayanan bagi masyarakat itu harus sesuai dengan motto tersebut.

"Memang sudah selayaknya masyarakat mendapatkan pelayanan dasar dari pemerintah yang mudah, murah dan cepat. Sehingga saat masyarakat membutuhkan pelayanan dan cepat terpenuhi mereka akan bahagia ," ujarnya.

Baca juga:


Apalagi, imbuhnya, dengan kemajuan teknologi saat ini, selain layanan administrasi secara manual, untuk Adminduk ini juga saat ini bisa dilayani secara digital.

Sebagai komisi yang memiliki mitra kerja Disdukcapil, pihaknya memiliki fungsi pengawasan. Pihaknya melihat, di bawah kepemimpinan Kadisdukcapil Yudi Nugraha, banyak terobosan baik yang dilakukan Disdukcapil untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Dengan banyaknya gebrakan positif dari Disdukcapil ini masyarakat bisa lebih mendapat kemudahan. Dan tak henti-hentinya kami tetap menghimbau agar Disdukcapil tidak berhenti untuk terus berinovasi agar pelayanan kepada masyarakat bisa maksimal," paparnya.

Kepada masyarakat diminta agar memahami program yang dilaksanakan Disdukcapil. Ia meminta masyarakat bisa memanfaatkan berbagai kemudahan yang sudah difasilitasi pemerintah.

"Juga untuk penyelenggaraan pencatatan dan pengelolaan data kependudukan di pemerintahan desa agar bisa ditingkatkan. Pembekalan bagi aparatur pemerintahan desa terkait pembuatan administrasi kependudukan ini memang harus ditingkatkan, mengingat telah banyak teknologi yang diterapkan saat ini," tandasnya.

Terpisah, Kadisdukcapil Kuningan, Yudi Nugraha menyampaikan pihaknya saat ini sedang melakukan sosialisasi terkait pengolahan dan penyajian data kependudukan berbasis Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) kepada ratusan Kasi Pemerintahan tingkat desa dan kecamatan se-Kabupaten Kuningan.

Sosialisasi akan dilaksanakan mulai Senin (20/3) hingga Kamis (24/3) di empat lokasi yang tersebar di wilayah Kabupaten Kuningan.


Yudi mengatakan sosialisasi juga ditujukan agar para peserta dapat memahami tata cara pemanfaatan data kependudukan sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

"Alhamdulillah tadi sudah kita lakukan sosialisasi untuk angkatan pertama dan terlihat dari pihak pemerintahan desa melalui Kasi Pemerintahannya sudah siap jika kita terapkan SIAK ini dalam pengolahan dan penyajian data kependudukan," papar mantan Sekdis PUTR Kabupaten Kuningan ini. (Nars)


Diberdayakan oleh Blogger.