Ads Top

Tanam Pohon dan Santunan Isi Puncak Hari Bakti Rimbawan di Kuningan


KUNINGAN - Rangkaian Peringatan Hari Bakti Rimbawan tahun 2022 di Kabupaten Kuningan ditutup dengan agenda penanaman ratusan bibit pohon dan santunan yang digelar bersama oleh instansi di bawah naungan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Bertempat di lingkungan obyek dengan daya tarik wisata alam Talaga Surian, Desa Puncak, Kecamatan Cigugur, Sabtu (26/3), puncak HBR ini digelar secara sederhana.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC), Teguh Setiawan, menyebutkan dalam rangkaian HBR sudah dilaksanakan beberapa kegiatan dimulai dari pelepasan Macan Tutul betina bernama Rasi pada tanggal 5 Maret.

"Kemudian pada tanggal 16 Maret kita  mengikuti upacara Hari Bakti Rimbawan yang dipimpin langsung oleh Ibu Menteri KLHK," ujarnya.

Selanjutnya, pada tanggal 23 Maret dilaksanakan bakti sosial, donor darah, yang diikuti oleh seluruh pegawai TNGC dan penggiat lingkungan.

"Tanggal 25 kemarin kita gelar silaturahmi bersama seluruh pegawai dan pelepasan pegawai yang purna tugas," kata Teguh.

Dan pada hari ini, Sabtu (26/3), pihaknya bersama CDK Wilayah VIII, Perum Perhutani KPH Kuningan, Pemkab Kuningan melalui Dinas Lingkungan Hidup, SMK Kehutanan Negeri Kadipaten, dan undangan lainnya mengikuti agenda penanaman, santunan, pementasan Rimbawan bercerita, puisi dan akustik.


"Melalui agenda puncak HBR ini kami berharap Rimbawan di Kabupaten Kuningan dan Majalengka bisa lebih kompak dalam menjaga kelestarian lingkungan hutan dan alam di Gunung Ciremai dan sekitarnya," ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala CDK Wilayah VIII Jawa Barat, Ahmad Bagja, PLT ADM Perum Perhutani KPH Kuningan, Benny Suko Triatmojo, Kepala Dinas LH Kuningan, Wawan Setiawan, dan anggota DPRD Kuningan, Sri Laelasari.

Santunan dalam acara HBR ini diberikan dari Dana CSR PT Jamkrindo Cabang Cirebon kepada masyarakat Desa Puncak. 

Kepala Desa Puncak, Mustofa, mengaku sangat bersyukur atas adanya acara santunan dari PT Jamkrindo.

"Semoga kedepan bisa terus berlangsung lagi dan dalam agenda yang berkesinambungan," ucap Kades Mustofa. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.