Ads Top

Kadinsos Kuningan, DR Deni Hamdani

KUNINGAN - Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kuningan, Deni Hamdani, memberikan keterangan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng untuk 3 bulan (April, Mei dan Juni 2022) sebesar Rp 300 ribu sudah mulai dicairkan pada pekan ini.

"Iya sudah mulai dibagikan ke masyarakat, kemarin mulai di Kecamatan Kuningan dan Cigugur. Mulai besok, pembagian akan massif di seluruh kecamatan di Kabupaten Kuningan," kata Deni saat ditemui kuninganreligi.com di ruang kerjanya, Rabu (13/4).


Pembagian BLT Minyak Goreng ini akan disatukan bersamaan dengan Bantuan Pangan Non Tunai untuk 1 bulan (Bulan Mei) sebesar Rp 200 ribu. Jadi total bantuan yang diterima masing-masing keluarga penerima manfaat  adalah sebesar Rp 500 ribu.

Deni menyebutkan Dinas Sosial dalam penyaluran bantuan ini memiliki tupoksi untuk melakukan pantauan, memonitor pelaksanaan bantuan sosial kepada warga Kabupaten Kuningan.

"Pihak yang menyalurkan adalah PT Pos Indonesia Cabang Kuningan. Ditargetkan penyaluran bantuan sosial ini selesai pada tanggal 28 April," ucapnya.

Jumlah penerima manfaat untuk pembagian BLT Minyak Goreng dan BPNT ini di Kabupaten Kuningan adalah sebanyak 132 ribu KPM.

"Kita berharap penyaluran bantuan sosial ini benar-benar tepat sasaran. Kedepannya, kami akan terus melakukan validasi dan verifikasi agar benar-benar obyektivitas penyaluran ini tepat sasaran," kata Deni.

Dengan validasi tersebut dikatakan dia setiap bulannya akan ada warga yang memang sudah tidak layak mendapatkan bantuan akan otomatis terhapus dari daftar.

Sebaliknya, yang sebelumnya tak terdaftar tapi layak dapat bantuan akan ikut dimasukkan ke dalam daftar KPM.

Ditanya cara mencairkan bantuan tersebut, Ia menyebutkan nanti KPM akan mendapat surat undangan dari PT Pos melalui pemerintah desa setempat. Atau juga masyarakat yang penasaran ingin mengecek apakah dirinya mendapat bantuan bisa menggunakan NIK di laman website cekbansos.kemensos.go.id


Jika sudah mendapat surat undangan untuk menerima BLT Minyak Goreng dan BPNT dari pemerintah desa atau PT Pos, KPM tinggal datang ke lokasi yang ada di undangan pada waktunya dengan membawa surat undangan, e-KTP dan kartu keluarga asli.

Nanti petugas akan menscan barcode yang ada pada undangan dan langsung memberikan dua bantuan sosial ini secara langsung. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.