Ads Top

Duh, Jalan Siliwangi dan Ahmad Yani Tergenang Air Hujan, Untung Damkar Sigap

Kondisi Jalan Raya Siliwangi depan Pertokoan sebelah barat yang tergenang air, Ahad (10/4) sore

KUNINGAN - Hujan deras pada Ahad (10/4) sore mengakibatkan genangan air di ruas jalan Ahmad Yani dan Siliwangi Kabupaten Kuningan. 

Saat hujan deras, air dengan debit besar mengalir di permukaan jalan dari arah barat (Jalan Ahmad Yani) depan Kantor BRI dan Kantor Pos Kuningan menuju Jalan Siliwangi.

Sehingga mengakibatkan beberapa toko di Jalan Siliwangi hampir tergenang air.


Eman, salah seorang penjaga parkir depan pertokoan Siliwangi sebelah barat, mengatakan bahwa air diduga dari saluran yang tersumbat di pinggir Jalan A Yani.

"Iya sepertinya saluran airnya tersumbat sampah, sehingga air mengalir ke jalan," ungkapnya.

Beruntung, selang beberapa menit setelah kuninganreligi.com mengunggah kondisi genangan air tersebut ke media sosial, petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Kuningan segera datang ke lokasi untuk penanganan genangan air.

Sedikitnya 5 orang petugas UPT Damkar Satpol PP Kuningan nampak berjibaku menangani genangan air dengan alat penyedot air.

Mereka juga mencari sumber petaka genangan air ini dan membersihkan sampah yang menyumbat saluran pembuangan air.

"Alhamdulillah dalam waktu satu jam kita bisa tangani, air sudah surut lagi. Tadi tergenang setinggi 50 cm, " ujar M Khadafi Mufti, Kepala UPT Damkar Kuningan kepada KR, Ahad petang.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat sekitar Jalan A Yani dan Siliwangi untuk tidak membuang sampah bekas makanan, bekas belahan kelapa muda, dan sampah lainnya ke dalam saluran air.


"Intinya jangan buang sampah sembarangan. Kan, akibatnya saluran pembuangan air dan gorong-gorong jadi tersumbat. Apabila hal ini terus dilakukan, luapan air /banjir akan terus terulang," paparnya. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.