Ads Top

Gerakan KITA: Kesetiakawanan dan Solidaritas Dipupuk dari Ramadhan untuk Hari Seterusnya


KUNINGAN - Suasana menunggu waktu berbuka puasa di sekitar alun-alun dan Taman Kota Kuningan selalu ramai. Ratusan warga dari berbagai pelosok datang di taman kota untuk menanti datangnya Adzan Maghrib sambil mencari makanan/minuman untuk berbuka puasa.

Di tengah keramaian pengunjung taman kota Kuningan, pada Ahad (17/4) kemarin, nampak sekelompok orang sedang membagikan kotak-kotak dus putih berisi makanan dan minuman untuk berbuka kepada warga sekitar.


Rupanya mereka adalah para penggiat sosial dari Gerakan KITA yang sedang berbagi paket takjil Ramadhan. 

Saat dikonfirmasi, Wakil Ketua I Gerakan KITA, Miftah Farid, mengatakan dalam bulan yang penuh keberkahan dan ampunan ini, solidaritas dan kesetiakawanan sosial sangat terasa. Bulan istimewa  yang paling dinanti-nanti umat Islam ini selalu membawa keberkahan bagi semua orang.

"Saat ini begitu banyak pihak hadir di tengah-tengah masyarakat saling berlomba-lomba meningkatkan ketakwaan, saling berbagi antarsesama, dan saling menguatkan dalam rangka menggapai ridha Allah SWT. Bulan yang menjadi waktu paling utama untuk menunjukkan solidaritas dan kesetiakawanan sosial kepada sesama," paparnya.

Pria yang biasa dipanggil Abah Iip ini mengatakan Gerakan KITA juga ingin ikut ambil bagian dalam gerakan sosial tersebut. Gerakan KITA hadir di masyarakat, pengendara, sopir angkot di lingkungan Taman Kota sebelah Selatan dan di jalan Siliwangi seberang Syiarul Islam, untuk membagikan sekira 500 paket takjil 

"Kegiatan berbagi takjil ini sebenarnya merupakan ide spontan yang muncul dari teman-teman. Bagi kami di Gerakan KITA, selama ide itu positif dan masih sesuai dengan kemampuan keterlibatan teman-teman relawan, biasanya akan kita dorong untuk direalisasikan," ungkap Abah Iip.

Kegiatan berbagi takjil tersebut, imbuhnya, merupakan tahap 1 dari agenda yang dikemas dalam "Gerakan KITA Berbagi Sebar Takjil". Tahap 1 ini kita bagi dan sebar 500 box paket takjil di 2 titik, yaitu di lingkungan Taman Kota sebelah Selatan dan di jalan Siliwangi seberang Syiarul Islam.

 “Hari ini Gerakan KITA menggandeng komunitas SC234 untuk turut menyebar takjil. Dalam berkegiatan kami memang selalu berusaha berkolaborasi dengan pihak lain. Dengan kolaborasi ini diharapkan bisa saling memacu masing-masing dalam kebaikan ,” ungkapnya.

Sedangkan untuk kegiaan berbagi takjil tahap 2 nanti akan digelar di titik yang berbeda, yang rencanaya akan digelar hari Sabtu, 23 April 2022.

"Pada pelaksaan nanti di Tahap 2, kita juga rencananya akan menggandeng elemen lain untuk bersama-sama turun bersama menyebar dan berbagi takjil," sebutnya.


Pihaknya berharap rasa solidaritas dan kesetiakawanan tidak hanya mucul di bulan Ramadhan saja, tetapi juga di hari-hari ke depan dan seterusnya.

"Kami juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada donatur dan pihak-pihak lain yang sudah mendukung terselenggaranya kegiatan Gerakan KITA ini. Semoga Allah SWT membalas kebaikannya dan menggantinya dengan rezeki dan pahala berlipat-lipat," pungkas Abah Iip. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.