Ads Top

Kadishub Akomodir Sopir Angkot, Ini Keputusan Demonstrasi Angkot Hari Ini


KUNINGAN - Demonstrasi puluhan sopir angkot di Kantor Dishub Kabupaten Kuningan akhirnya menemukan titik terang. Setelah dua jam melakukan aksi damai di halaman kantor Dishub tersebut, akhirnya Pemkab Kuningan memberikan satu keputusan yang bisa diterima oleh mereka.

Melalui Kabid Lalu Lintas, M Rangga, Kadishub Kuningan, Mutofid, menyampaikan kepada perwakilan para sopir angkot, bahwa aspirasi mereka mendapatkan tanggapan positif baik dari Bupati maupun dari pihak kepolisian.


"Alhamdulillah aspirasi bapak-bapak direspon baik oleh pimpinan kami, sejalan dengan usulan bapak-bapak agar ada kanal khusus angkot di ruas jalur itu, pimpinan kami pun menyetujui," papar Rangga.

Namun keputusan membuat kanal khusus angkot ini tidak akan serta-merta dilakukan hari ini. Pihaknya meminta waktu kepada para sopir angkot agar bisa mempersiapkan sarana prasarana untuk membuat kanalisasi tersebut.

"Permohonan bapak-bapak untuk kanalisasi ini kita setujui, namun dengan syarat bapak-bapak bisa menjaga ketertiban di jalur tersebut. Jangan sampai ada kanalisasi ini tetap menimbulkan macet akibat ulah angkot," kata Rangga.

Kepada perwakilan sopir angkot, Ia meminta perwakilan dari trayek 04 dan 10, untuk membuat surat pernyataan kesanggupan dari para sopir angkot untuk menjaga ketertiban lalu lintas di jalur tersebut selama penerapan kanalisasi angkot dilakukan.

"Hari ini tetap uji coba satu arah kota terapkan, sambil menunggu persiapan pembuatan kanalisasi khusus angkot untuk menjaga keselamatan pengguna jalan," terang Rangga.

Akhirnya setelah ada keputusan tersebut beberapa angkot nampak pergi meninggalkan lokasi parkir kantor Dishub Kuningan untuk melakukan aktivitas seperti biasa.

Sebelumnya diberitakan, seperti mengulang suasana beberapa tahun lalu, puluhan armada angkutan kota trayek 04 dan 10 (jurusan Ancaran-Pramuka, Kertawangunan-Kuningan Kota) kembali melakukan aksi demonstrasi karena terdampak kebijakan penerapan satu arah di Jalan Siliwangi Kabupaten Kuningan.

Puluhan angkot dari dua trayek ini berkumpul di halaman parkir Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan, Jalan Moh Yamin sejak Kamis (28/4) pagi.


Para sopir angkot mengeluhkan adanya kebijakan uji coba penerapan one way (satu arah) di Jalan Siliwangi bagian utara (dari perempatan SMPN 1 Kuningan hingga Bundaran Cijoho).

"Aduh kok terulang lagi seperti dulu ya. Kebijakan satu jalur ini jelas mengganggu trayek kami dan juga masyarakat yang butuh trayek angkot kami pun akan terganggu," ujar Eko, salah seorang sopir angkot yang ikut aksi di Kantor Dishub hari ini.(Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.