Ads Top

Kanalisasi Khusus Angkot di Ruas Cigembang, Kendaraan Non Angkot Diminta tidak Ikut Melintas

Jalur khusus angkot sudah dibuat di ruas Jalan Siliwangi segmen Cigembang 

KUNINGAN - Buntut aksi puluhan sopir angkutan kota di halaman Dinas Perhubungan akibat kebijakan satu arah di Ruas Cigembang Jalan Siliwangi Kabupaten Kuningan akhirnya diputuskan dibuatkannya kanal khusus angkot di lajur tersebut.

Pemasangan batas dari traffic cone dan tambang dilakukan sejak Kamis (28/4) malam. Hingga mulai Jum'at (29/4) pagi kanalisasi khusus angkot ini diberlakukan.


Dengan kanalisasi ini, angkutan kota trayek 04 dan 10 akhirnya bisa melintas ke arah Utara dari perempatan SMPN 1 Kuningan sampai Bundaran Cijoho.

Kadishub Kuningan, Mutofid, melalui Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, Deden Aryo, di lokasi kanalisasi menyebutkan, 

"Untuk mengurangi kemacetan di Ruas Jalan Siliwangi, dilakukan rekayasa lalu lintas berupa segregasi atau kanalisasi, " terangnya.

Dijelaskan Deden, dari Simpang 4 SMPN 1 Kuningan sampai Bundaran Cijoho, sudah dipasang pembatas kanalisasi.

Kanalisasi ini, imbuhnya, dikhususkan agar angkutan kota bisa melintas di ruas jalur yang semula diterapkan satu jalur ini.

"Hari ini sekaligus memberikan sosialisasi kepada masyarakat bahwa kanalisasi ini khusus untuk angkot. Sehingga masyarakat umum pengguna jalan tidak diperbolehkan melintas di jalur khusus angkot ini karen akan mengganggu rute angkot itu sendiri," ungkapnya.

Terpantau, pada H+2 penerapan uji coba satu jalur di ruas Jalan Siliwangi bagian utara ini masih terlihat beberapa kendaraan, khususnya sepeda motor yang memaksa masuk ke jalur kanalisasi khusus angkot.

Padahal di setiap persimpangan, seperti di pertigaan menuju Jalan Wijaya, perempatan SMPN 1 Kuningan dan di Bundaran Cijoho ditempatkan beberapa petugas untuk mengawasi pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini.

Untuk diketahui, sejak sepekan sebelum Lebaran, di Jalan Siliwangi sudah dilakukan pembatasan arus lalu lintas untuk mencegah terjadinya kemacetan akibat banyaknya warga yang melintas.


Beberapa titik kemaceta di Kabupaten Kuningan terlihat di depan Toko Ria Busana, Pertokoan Siliwangi bagian selatan, Taman Kota, dan di depan Supermarket Yogya Cijoho.

Selain karena banyaknya warga yang hendak berbelanja, kemacetan ditimbulkan juga akibat adanya kantung-kantung parkir kendaraan dadakan. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.