Ads Top

Ilustrasi minuman teh dan air putih (Health KR)

HEALTH (KR) - Hadits Nabi Muhammad SAW menerangkan bahwa dengan berpuasa maka tubuh kita akan lebih sehat. Tentu semua orang ingin memiliki kesehatan tubuh sepanjang hidupnya. Nah, pemirsa Kuningan Religi juga begitu kan?

Pada Bulan Ramadhan ini, untuk menjaga kesehatan tubuh kita, para ahli kesehatan menyarankan juga agar kita memperhatikan apa yang kita makan dan minum diluar jam berpuasa.

Jika anda bingung saat berbuka atau sahur, apakah minum teh atau air putih biasa, maka, sebuah keterangan yang dilansir dari livestrong.com menyebutkan bahwa baik air maupun teh dapat menghidrasi Anda, dan masing-masing menawarkan manfaat yang berbeda.


Namun, disebutkan, minum teh hangat bisa memberikan manfaat lebih bagi kesehatan.

Organisasi Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa total konsumsi cairan dapat berasal dari berbagai sumber. Tetapi teh dapat memberikan manfaat kesehatan tambahan.

"Air adalah nutrisi penting bagi tubuh Anda, tetapi Anda tidak harus minum air putih untuk mendapatkan manfaat tersebut," tulis artikel tersebut.

Ditambahkan, menurut Mayo Clinic, sekitar 20 persen kebutuhan cairan harian Anda berasal dari makanan. Sisanya bisa berasal dari minuman lain, yang bisa termasuk teh.

"Tubuh Anda membutuhkan cairan yang cukup untuk berfungsi, apalagi disaat kita sedang berpuasa. Ini berlaku untuk setiap bagian tubuh Anda, mulai dari sel hingga organ Anda," papar artikel ini.

Ditambahkan, mendapatkan cairan yang cukup akan membantu Anda merasa berenergi, melindungi jaringan Anda dan membantu melumasi sendi Anda.

"Meskipun Anda bisa mendapatkan manfaat ini dari minum air putih, Anda juga bisa mendapatkan manfaat ini dan berpotensi lebih banyak lagi jika Anda minum teh," katanya.

Misalnya, menurut Harvard Health Publishing, minum teh hitam atau hijau dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda, menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh Anda dan membantu mengurangi tekanan darah Anda. 


Namun, Harvard memperingatkan bahwa hasil studi ini agak beragam.

Lantas, saat berbuka, karena teh mengandung banyak manfaat apakah kita bisa meminumnya langsung sebelum minum dan makan yang lain? Disarankan tidak, karena teh dikatakan bisa memicu asam lambung dalam tubuh.

Menurut artikel ini, kita disarankan minum air putih dulu sebelum makan dan minum yang lain saat berbuka puasa. Setelah itu, baru kita bisa minum teh hangat untuk membangkitkan semangat kita dalam beribadah di Bulan Ramadhan ini.

Meski saat berpuasa, kita tetap disarankan minum 8 gelas air dalam sehari. Untuk mengaturnya bisa disiasati yakni saat sahur kita minum 2 gelas, saat berbuka 2 gelas dan malam hari biasakan minum 4 gelas air putih. (Nars/berbagai sumber)

Diberdayakan oleh Blogger.