Ads Top

Sambut Ramadhan, Pasar Ikan di Kabupaten Kuningan Unggulkan Ikan Nila dan Mas

Geliat Pasar Ikan di Bulan Suci Ramadhan 1443 H

KUNINGAN - Memasuki Bulan Ramadhan 2022 Masehi, geliat transaksi pasar tradisional di Kabupaten Kuningan terlihat meningkat. Nampak keramaian di setiap sudut pasar terlihat meningkat, karena banyak warga yang mempersiapkan diri untuk membeli kebutuhan bahan makanan untuk menyediakan masakan  berbuka puasa dan santap sahur di rumah mereka.


Tak terkecuali di pasar-pasar ikan disiapkan khusus untuk memenuhi kebutuhan protein hewani masyarakat di bawah naungan Bidang Perikanan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan.

Dari lima tempat pasar ikan yang ada di wilayah Kabupaten Kuningan, disebutkan Kepala Bidang Perikanan Diskanak Kuningan, Deni Irianto, telah siap melayani masyarakat yang membutuhkan aneka jenis ikan konsumsi untuk kebutuhan Bulan Ramadhan.

"Ya untuk ketersediaan ikan konsumsi di Bulan Ramadhan ini relatif aman karena Kuningan punya keanekaragaman jenis Ikan Konsumsi yang dikelola para petani lokal dan dikirim ke 5 pasar ikan di Kabupaten Kuningan," terang Deni saat melakukan pemantauan ketersediaan ikan di Los Pedagang Ikan Pasar Baru Kuningan, Sabtu (2/4).

Dedi, Pedagang Ikan Pasar Baru Kuningan didampingi Kabid Perikanan Diskanak Kuningan, Deni Irianto

Apalagi, menjelang Ramadhan, dan hari-hari istimewa, katanya, banyak para petani ikan dadakan yang memang mempersiapkan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat akan Ikan.

"Petani ikan yang tidak produktif pun menjelang Ramadhan dan Hari Raya biasanya aktif kembali. Mereka merasa bersyukur dengan tibanya Bulan Suci ini," sebut Deni.

Kedepan, Bidang Perikanan Diskanak Kuningan akan merubah kebiasaan petani yang belum produktif ini menjadi petani ikan yang selalu aktif di setiap saat, tak hanya menjelang hari-hari istimewa saja.

"Sehingga kapan pun masyarakat butuh ikan akan selalu tersedia," ujarnya lagi.

Sementara, Ketua Paguyuban Pedagang Peternak Ikan Air Tawar Kabupaten Kuningan, Dedi Sutardi juga menerangkan geliat perdagangan ikan di Kabupaten Kuningan semakin meningkat.

"Kalau kemarin pas banyaknya warga yang melaksanakan hajatan yang jadi primadona adalah Ikan Gurame. Untuk Bulan Puasa ini yang banyak dicari adalah Ikan Mas dan Bila," jelasnya 

Dedi juga mengatakan untuk stok ketersediaan ikan di pasaran saat ini relatif aman. Namun, untuk jenis Gurame masih kekurangan dan pedagang mengambil stok dari Jawa Tengah.


"Selain itu kendala yang dihadapi adalah naiknya harga karena banyaknya permintaan stok di petani kadang belum mencukupi. Ujungnya kita ngambil dari jaring apung di Darma, atau bahkan ngambil dari Jawa Tengah," papar Dedi.

Dalam sehari, di hari-hari biasa pasaran, Dedi mengaku para pedagang di Pasar Baru bisa menjual 6 hingga 7 kuintal. Sedangkan kalau di hari ramai seperti hari raya bisa terjual 2 ton ikan berbagai jenis. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.