Ads Top


KUNINGAN - Sebanyak 7 instansi di Kabupaten Kuningan, yakni DPMPTSP, Diskopdagperin, Disdukcapil, Dinkes, TNI, POLRI dan Bank BJB berkolaborasi dengan programnya masing-masing untuk menanggulangi masalah  kemiskinan ekstrem di 25 desa yang berada di 5 Kecamatan.

Kegiatan tersebut diberi tajuk Pelayanan Terpadu Program Penanggulangan Kemiskinan Ekstreem (PRONANGKIS). Pelaksanaannya digelar secara roadshow di 5 kecamatan.


Usai kegiatan yang diikutinya di Desa Jatimulya, Kecamatan Cidahu, pada Kamis (19/5), Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan, U Kusmana, menyebutkan kolaborasi beberapa instansi tersebut bisa jadi role-model upaya pengentasan kemiskinan.

"Saat kegiatan di Jatimulya kemarin kita ada wacana beberapa SKPD untuk membuat kesepakatan kolaborasi guna mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Kuningan," katanya.

Dengan adanya kolaborasi beberapa instansi ini, maka pelayanan kepada masyarakat akan lengkap, DPMPTSP dengan layanan perijinan Saba Desanya, Disdukcapil dengan layanan Adminduk Si Kuda Cepatnya, Diskopdagperin dengan operasi pasar murah, Dinkes, Polres dan Kodim dengan vaksinasinya serta BJB dengan layanan simpanan masyarakat.

"Alhamdulillah dengan adanya kolaborasi ini maka layanan kepada masyarakat lebih cepat dirasakan," katanya.

Pihaknya sendiri, sudah 3 kali melakukan OPM dengan menyediakan 600 paket sembako harga murah dari target 5 kecamatan yang akan dijangkau.

Senada dengan Uu, Kadisdukcapil Kuningan, Yudi Nugraha, mengaku sangat menyambut baik adanya kolaborasi lintas SKPD untuk mengentaskan kemiskinan yang selama ini jadi permasalahan di Kabupaten Kuningan.

" Meski kita sendiri punya program Si Kuda Cepat untuk melayani administrasi kependudukan jemput bola, namun dengan adanya kolaborasi lintas SKPD ini terasa ada kekompakkan," katanya.


Yudi menambahkan dalam kegiatan di Desa Jatimulya, kemarin antusias masyarakat sangat tinggi untuk mendapatkan pelayanan baik kependudukan, perijinan maupun vaksinasi.

"Hadir sekitar 500 masyarakat menyambut baik kegiatan Pronangkis ini," katanya.

Hadir dalam acara kemarin, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan, Kadis DPMPTSP, Kadis Kopdagperin, Kadis Dukcapil, Camat  dan Muspika Cidahu, Kepala PKM Cidahu dan Kades Jatimulya beserta jajaran. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.